• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

DPRD Kulon Progo: Jangan Ada Masalah Terkait PPDB 2018

17 February
23:05 2018
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendorong pemkab setempat untuk mempersiapkan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 dengan baik, agar tidak muncul permasalahan di kemudian hari.

Anggota DPRD Kulon Progo, Hamam Cahyadi, Sabtu (17/2/2018) mengatakan, permasalahan zonasi kemungkinan dapat terjadi seperti pada PPDB tahun lalu.

Ia menggambarkan, dalam PPDB tahun lalu terdapat wilayah yang tidak terakomodir untuk masuk di sekolah terdekat. Selain itu permasalahan lainnya adalah adanya fenomena masyarakat yang melakukan pemindahan domisili demi memperoleh sekolah favorit di luar wilayahnya.

“Kita usulkan itu konsepnya begini, katakanlah 60 persen itu jarak zonasi jangkauan, yang 30 persen adalah nilai. Jadi ada ruang bagi siswa yang memiliki NEM baik itu diterima sesuai keinginan anak itu. Nah yang 10 persen itu kuotanya yang mutasi dari daerah lain,” kata Hamam.

Hamam Cahyadi berharap ada kebijakan dari Bupati Kulon Progo, dalam hal ini Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat sebagai implementasi Permendikbud No.17 tahun 2017 tentang Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB).

Menurut Hamam, DPRD Kulon Progo tidak ingin permasalahan zonasi muncul dalam PPDB mendatang, sehingga sejak awal agar diantisipasi dengan sebaik-baiknya. Seperti diketahui, sistem zonasi itu mengatur tentang jarak tempat tinggal, nilai, usia dan prestasi dari siswa. (HS/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00