• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

KPU Kabupaten Cirebon Coklit Warga Lapas Khusus Narkotika

17 February
23:26 2018
0 Votes (0)

KBRN, Cirebon : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Narkotika Gintung Kecamatan Ciwaringin.

Komisioner KPU Kabupaten Cirebon Divisi Perencanaan Program dan Data, Sudiono mengatakan, sebelumnya KPU telah koordinasi dengan Lapas dan mendapatkan daftar sebanyak 69 warga binaan asal Kabupaten Cirebon yang sudah dicoklit.

Data itu kemudian diklarifikasi kepada Disdukcapil untuk dimintakan surat keterangan karena dimungkinkan dari warga binaan ada yang sudah memiliki KTP Elektronik ataupun Surat keterangan.

“Diketahui dari  69 orang warga binaan terdapat 26 orang yang sudah mempunyai Surat Keterangan kemudian dicocokkan kembali dan hasilnya cocok. Namun dari 26 orang tersebut ternyata ada 5 orang yang sudah keluar dari lapas sehingga jumlah data pemilih yang sudah memiliki Surat Keterangan  sejumlah 21 orang,” jelas Sudiono kepada RRI, Sabtu (17/2/2018).

Disebutkan, pada pelaksanaan pencocokan dan penelitian di Lapas Gintung terdapat 8 orang warga binaan asal Kabupaten Cirebon yang belum melakukan perekaman. Sehingga KPU bekerjasama dengan Disdukcapil melakukan perekaman.

“Sedangkan coklit untuk 669 warga binaan  diluar Kabupaten Cirebon akan dikoordinasikan dengan KPU Propinsi Jawa Barat untuk daftar nama penghuni lapas Gintung,” ujarnya.

Sementara itu, dalam membantu proses Coklit di Lapas, KPU juga dibantu pihak Lapas yang menugaskan 4 orang sebagai Petugas Pemutahiran Data Pemilih PPDP dan Panitia Pemungutan Suara PPS.

“Data pemilih dalam lingkungan Lapas dipastikan setiap hari akan selalu bertambah ataupun berkurang manakala ada penghuni lapas yang masuk maupun keluar,” tandasnya. (Yulianti/HF))

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00