• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Banyuwangi Produksi Kapal Tercepat di Asia

13 March
10:41 2018
1 Votes (5)

KBRN, Banyuwangi: Produsen kapal berteknologi tinggi yang berbasis di Banyuwangi, PT Lundin Industry, mengklaim kapal jenis RIB (Rigit Inflatable Boat), yang dibeli oleh militer Rusia, sebagai produksi kapal tercepat di Indonesia bahkan di Asia.

Kapal dengan Carbon Tecnologi dengan lambung 38 feet tersebut, memiliki kecepatan hingga menembus 85 knots (160 km/jam), yang dinilai sebgai kapal tercepat dikelasnya, karena dilengkapi mesin dengan kapasitas 800 - 1100 tenaga kuda (Horse Power).

Direktur PT Lundin Industry, John Lundin mengatakan, kapal pesanan militer Rusia tersebut memiliki teknologi yang cukup canggih, selain memiliki kecepatan hingga 85 knots (160 km/jam), dan kapal tersebut dirancang mampu menahan kekuatan di atas G7 (gravitasi 7).

"Kapal Carbotesh Sepcial OPS pesan Rusia ini, merupakan kapal dengan teknologi terbaru, selain cepat kapal tersebut didesign mampu menahan kekuatan hingga gravitasi 7," ungkap John Lundin, Selasa (13/3/2018).

John Lundin menambahkan, saat ini PT Lundin memiliki dua model kapal carbotech, yang memiliki spesifikasi yang berbeda, dan kapal - kapal tersebut sudah digunakan untuk operasi militer Swedia dan negara di kawasan Skandinavia lainnya.

"Kami memang memiliki spesialisati sebagai produsen kapal cepat, dan banyak menerima pesanan kapal untuk militer, selain negara Eropa, negara di Asia seperti dari Bangladesh, Hongkong, Malaysia, Brunei, Singapura, juga memasan kapal kami," jelas Lundin.

Keberhasilan industri perkapalan Banyuwangi memproduksi kapal Rusia itu menumbuhkan kebanggan bagi warga setempat yang banyak bekerja di PT Lundin. salah satunya adalah Hari Hermawan, karyawan assembling (perakitan/penggabungan komponen kapal).

“Saya terlibat untuk assembling kapal Rusia ini, rasanya bangga karena negara-negara di dunia bisa pesan ke Banyuwangi,” ungkap Hari Hermawan, Selasa (13/3/2018).

Peluang industri perkapalan semakin terbuka lebar di Banyuwangi, yang diharapkan bisa menggerakkan perekonomian lokal, dan ekspor ini membuktikan industri kapal dalam negeri punya daya saing tinggi di kompetisi global, sekaligus mendukung visi kemaritiman Presiden Jokowi. (Son/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00