• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Ekonom UI Minta Pemda di Kaltim Stop Bangun Mall

13 March
17:54 2018
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Ekonom senior Universitas Indonesia Faisal Basri mengkritisi pembangunan pusat perbelanjaan modern atau mall yang secara masif dilakukan di Provinsi Kalimantan Timur. Ini disampaikan Faisal Basri disela menjadi pemateri di Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN) Samarinda Selasa, (13/3/2018).

Pasca mengalami pertumbuhan ekonomi yang minus pada tahun 2015 hingga 2016 Provinsi Kalimantan Timur menurut dosen senior Fakultas Ekonomi UI tersebut harusnya melakukan transformasi ekonomi terutama di dua seKtor strategis yakni pertanian dan pariwisata.

Membangun mall dalam jumlah yang banyak lanjut Faisal tidak efektif mendatangkan pendapatan bagi daerah. Ia pun menyarankan agar pemerintah daerah menghentikan pembangunan mall baru dan lebih fokus membangun ruang terbuka untuk publik yang bernilai edukasi.

“Orang datang ke Kaltim itu bukan untuk belanja tapi mencari apa yang unik. Jadi pemerintah stop bangun mall. Lebih baik bangun perpustakaan untuk anak atau taman rekreasi yang edukatif,” tegasnya.

Pengamat Ekonomi Indonesia Faisal Basri mengakui Kalimantan Timur dengan kekayaan sumber daya alamnya memiliki kemampuan untuk menjadi provinsi maju di Indonesia. Hanya saja, diperlukan pemimpin yang transformatif yang mampu mengubah arah kebijakan untuk tidak melulu mengeksplorasi migas dan batubara tetapi berani mengembangkan pertanian modern berbasis agroindustry serta membangun pariwisata secara komersil. (Ag/ARN) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00