• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Olahraga

13 Atlet Penyandang Disabilitas Bukittinggi Ikuti Kerjurda Tingkat Sumatera Barat

13 March
22:39 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Sebanyak 13 orang atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) Kota Bukittinggi, terhitung dari 12 hingga 15 Maret 2018 nanti, mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) SOIna ke –VIII tahun 2018  tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang berlangsung di Kota Padang.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Bukittinggi, Tasman, Selasa (13/3/2018), mengatakan, Kejurda SOIna tingkat Provinsi Sumbar diikuti oleh atlit-atlit  penyandang disabilitas dari pengurus cabang (Pencab) SOIna kabupaten/kota di Sumbar. 

“Untuk Bukittinggi,  Pengcab Soina mengutus 13 atlet  yang akan mengikuti pertandingan empat cabang olahraga (cabor) untuk kategori putra dan putri,” ulasnya. 

Adapun empat  cabor yang diikuti itu sambung Tasman, meliputi Atletik, Bulu Tangkis, Tenis Meja dan Boce dengan lokasi pertandingan yang berbeda. Untuk lokasi pertandingan cabor atletik dan boce dilaksanakan  di Gor H. Agus Salim, cabor Tenis Meja di Gedung KONI, dan cabor Bulu Tangkis di Sport Centre Gunung Panggilun.

“Atlet disabilitas yang diutus untuk mengikuti kejurda ini, sebelumnya telah mengikuti seleksiSOIna tingkat Kota Bukittinggi  yang diselenggarakan oleh Pengurus SOIna Bukittinggi yang bekerjasama dengan Disparpora di Sport Hall Atas Ngarai. Seleksi diikuti oleh 71 orang atlit dari 7 Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di Bukittinggi,” terangnya.

Tujuh SLB itu yakni SLB 1 Bukittinggi, SLB Al Ikhlas, SLB Al Azhar, SLB YPPA, SLB Permata Bunda, SLB Karakter Mandiri dan SLB Restu Ibu. Selama seleksi, atlet penyandang disabilitas mengikuti empat cabang olahraga yakni  tenis meja, bulu tangkis, atletik dan bocce. 

“Dari hasil seleksi yang dilaksanakan tersebut, diperoleh atlet dari masing masing cabor untuk mengikuti Kejurda SOIna tingkat Sumbar tahun 2018,” ulasnya.

Terpisah Ketua SOIna Kota Bukittinggi Dedi Fatria mengatakan, selama mengikuti Kejurda di Padang, atlet didampingi oleh tujuh orang pelatih dan empat orang dari Bidang Pemuda dan Olahraga.

“Kejurda yang dilaksanakan  selain sebagi ajang kompetisi antar Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, juga sebagai ajang seleksi  atlit atlit SOIna untuk mengikuti kejuaraan Soina tingkat nasional pada Juli 2018 nanti di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau,” jelasnya.

Pengurus Soina Bukittinggi berharap atlet yang diutus tersebut bisa  memberikan yang terbaik untuk Bukittinggi dengan mendulang prestasi pada empat cabor yang dipertandingkan dalam Kejurda. Kita sangat berharap atlit SOIna Bukittingi bisa mewakili Sumbar pada Soina tingkat Nasional di Pekanbaru nantinya.

Disamping itu sambung Dedi Fatria,  SOina juga berharap dukungan dan pembinaan berkesinambungan dari Pemko dan pihak terkait lainnya untuk penyandang Disabilitas di kota ini.

“SOIna merupakan organisasi yang memberdayakan anak-anak Tuna Grahita melalui pelatihan dan kompetensi olahraga. Kita berharap atlit  SOIna Bukittinggi bisa  memberikan prestasi yang terbaik untuk Bukittinggi dalam berbagai kegiatan dan iven,” tukasnya. (YPA/ARN)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00