• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

LIPI Bekali Peneliti dengan Ilmu Diplomasi dan Negosiasi

13 March
22:54 2018
13 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Tantangan riset global menuntut para peneliti dan akademisi untuk ikut terlibat dalam memperjuangkan kepentingan nasional pada berbagai perundingan dan negosiasi internasional. Mereka pun dituntut untuk berperan layaknya diplomat di bidang sains.

Oleh karena itu, para peneliti juga harus menguasai kemampuan berdiplomasi dan bernegosiasi untuk menawarkan solusi pemecahan untuk berbagai masalah global.

Untuk meningkatkan kapasitas diplomasi bagi para peneliti, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menggelar Workshop on Science Diplomacy pada 12-13 Maret 2018 di Jakarta.

PLT. Kepala LIPI Prof. Dr. Bambang Subiyanto, M.Agr mengatakan Pemahaman mengenai diplomasi dan negosiasi internasional saat ini, khususnya di negara-negara berkembang terkesan hanya pada diplomat saja dan belum menjadi perhatian yang serius bagi berbagai kalangan non-diplomat. Pemahaman kemampuan SDM yang menangani diplomasi dan negosiasi, khususnya terkait dengan masalah iptek dirasa masih terbatas.

"Tantangan dalam dunia penelitian saat ini mengharuskan para pemangku kepentingan, peneliti, maupun science officer, untuk lebih banyak terlibat dalam memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia dalam berbagai forum ilmiah internasional.tantangan dalam dunia penelitian saat ini mengharuskan para pemangku kepentingan, peneliti, maupun science officer, untuk lebih banyak terlibat dalam memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia dalam berbagai forum ilmiah internasional," kata Bambang Subiyanto.

Menurut Bambang Subiyanto melalui kemampuan dan pemahaman akan pentingnya science diplomacy, maka posisi strategis Indonesia dapat semakin memperkuat bargaining power Pemerintah Indonesia dalam proses pengambilan keputusan pada tingkat internasional.

Workshop menghadirkan Narasumber diantaranya Duta Besar Prof. Makarim Wibisono yang sangat mumpuni di bidangnya. Menurut Makarim "Science Diplomacy It is with the management of the science between states and between states an other actors".(AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00