• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Dugaan Pelanggaran Paslonbup Widodo-Sonia, Ini Putusan Sentra Gakkumdu Sumedang

16 April
19:07 2018
2 Votes (5)

KBRN, Sumedang : Salahsatu unsur tim Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kab. Sumedang, Ade Sunarya menyatakan, bahwa pihaknya telah melakukan rapat kordinasi terkait pelimpahan temuan dugaan pelanggaran dari Panwaslu Kecamatan Sumedang Selatan dengan nomor : 001/TM/PB/PPL.Kota Kulon/17.18/IV/2018 tertanggal 13 April 2018.

"Ya, sore ini kami telah melakukan rapat kordinasi terkait dengan dugaan pelanggaran yang ditujukan kepada Paslon Bupati/Wakil Bupati Kab. Sumedang nomor urut 2 yakni, Setya Widodo - Sonia Sugian yang mana, adanya dugaan tim sukses paslon nomor urut 2 membagikan sembako kepada masyarakat dalam kegiatan tatap muka di lingkungan bebedahan depan GOR Tajimalela kelurahan kota kulon dengan jumlah peserta tak kurang dari 100 orang," ujarnya kepada RRI, Senin (16/4/2018).

Dengan demikian, menurut Ade Sunarya, Hasil rapat serta kajian kordinasi tim Sentra Gakkumdu yang terdiri dari, unsur Panwaskab, Polres, dan Kejari Sumedang memutuskan bahwa, temuan tersebut tidak cukup bukti atau belum memenuhi unsur pelanggaran tindak pidana Pemilu.

Saat di konfirmasi RRI, Cabup Setya Widodo, mengapresiasi positif dengan keputusan Gakkumdu.

"Gakkumdu sudah melakukan kinerja dan netralitasnya secara profesional dan proporsional sebab, saya orang hukum yang juga pensiunan anggota Polri dan sangat mengerti dengan hukum," terangnya.

Hanya saja, Lanjut Widodo, dirinya menilai bahwa Panwascam Sumedang Selatan tendensius tidak profesional dan proporsional sebab, berdasarkan keterangan dari kordinator tim suksesnya, ada beberapa prosedur yang digunakan Panwascam Sumedang Selatan patut dipertanyakan saat memintai keterangan dari koordinator tim suksesnya.

"Kami berharap, agar Panwascam atau PPL jangan terkesan arogan dan tendensius apalagi tidak netral dalam menjalankan tugasnya," pungkasnya. (AD/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00