• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Kapolda Maluku Bertemu Bawaslu Bahas Pengamanan Pilkada

16 April
20:31 2018
1 Votes (5)

KBRN, Ambon : Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto didampingi PJU Polda Maluku bertemu Ketua Bawaslu Maluku Abdullah Ely. Pertemuan pimpinan Polda dan Bawaslu secara tertutup di ruang kerja Ketua Bawaslu, Senin (16/4/2018) membicarakan perihal pengamanan Pilkada di Maluku. 

Kapolda menyatakan, silaturahmi di kantor Bawaslu membicarakan sinergitas polisional. Dimana dalam setiap menjalankan fungsi pengawasan pilkada, Bawaslu membutuhkan kepolisian untuk memback-up apabila menemukan tantangan, salah satunya kondisi geografis. 

"Salah satu contoh polisi harus memback up ketika Bawaslu temukan data pemilih sementara yang berbeda, beliau sebagai pengawas harus berikan masukkan ke penyelenggara. Biar nanti tanggal 27 sudah clear. Begitu juga pengawasan, kondisi geografis drop logistik pemilih tetap dikawal," urainya. 

Kantor Bawaslu, kata Kapolda, juga merupakan obyek vital yang harus diamankan jelang pelaksanaan hingga penetapan kepala daerah. Kedatangannya di Bawaslu,  sekaligus  ingin  mendengar masukkan pimpinan Bawaslu soal kinerja anak buahnya, yang ditempatkan di Kantor Bawaslu.

Ditanya mengenai pelanggaran pidana selama masa pilkada, Kapolda mengarahkan awak media untuk menanyakan langsung kepada Ketua Bawaslu. 

"Kalau tindak pidana umum ada. Kalau tindak pidana pemilu  langsung tanyakan ketua Bawaslu. Dulu kantor Gakumdu di kantor polisi, undang-undang baru sekarang pindah ke Bawaslu," ucapnya. 

Sementara Ketua Bawaslu Maluku, Abdullah Ely menjelaskan, sejauh ini laporan yang diterima terkait tindak pidana pilkada, terdapat dua laporan yang sudah diselesaikan Gakumdu. Sementara laporan lain terkait netralitas ASN, sebagiannya sudah dikeluarkan putusannya.

"Laporan di Gakumdu bisa dicek langsung di ruangan Gakumdu. Kalau laporan lain terkait netralitas ASN, di kabupaten Buru, Buru Selatan serta beberapa daerah sudah ada yang diputuskan," ujarnya. 

Ketua Bawaslu juga mengingatkan kepada masyarakat yang hendak melaporkan aduannya ke Bawaslu, agar dilengkapi dengan bukti-bukti, seperti foto maupun video. (NA/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00