• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Barito Putera Wujudkan Kemenangan Kandang Pertama 2-1 Atas PSM Makassar

16 April
20:49 2018
3 Votes (5)

KBRN, Banjarmasin : Barito putera akhirnya mampu mewujudkan impiannya meraih kemengan pertama di kandang, setelah dalam laga lanjutan kompetisi Liga-1 Indonesia 2018, di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Senin (16/4/2018) menaklukan PSM Makassar, 2-1. 

Tuan rumah yang mengenakan kostum kuning kombinasi biru sejak pertandingan dimulai langsung berinisiatif menyerang ke jantung pertahanan tim juku eja yang di kawal zulkifli syukur. Tendangan bebas rizky pora masih menyamping ke sisi kanan gawang Sahar Ginanjar.

Laskar Antasari unggul  lebih awal di menit 16, melalui tendangan keras Doglas Ricardo Packer.  Gol pembuka ini terjadi setelah zulkifli syukur melakukan pelanggaran keras terhadap paulo sitanggang di kotak finalti. Syamsul Arif yang menjadi eksekutor gagal melesat si kulit bundar,  namun bola muntah langsung di sambar pemain asal Brasil bernomor punggung 10 itu hingga mengubah keadaan 1-0 untuk Barito Putera.

Tertinggal satu gol, pasukan Robert Rene berusaha bangkit. Tendangan bebas Zulkifli Syukur di menit 26 belum bisa dimaksimalkan Stevenrenaud Paulle. Namun dimenit 27, Ferdinan Alfred Sinaga berhasil menyamakan kedudukan 1-1, setelah memanfaatkan kelengahan pemain belakang Barito Putera. Tendangan kaki kiri pemain bernomor punggung 6 ini berhasil merobek gawang Aditya Harlan.

Meski tidak diperkuat tiga pemain asingnya, namun Rizky Pellu dan kawan-kawan tetap bermain ngotot hingga cukup merepotkan pertahanan barito putera. Syamsul Arif sempat memiliki peluang di menit akhir babak pertama, namun tendangannya masih mampu dimentahkan Sahar Ginanjar. Hingga paruh laga, skor tidak berubah 1-1 untuk kedua tim.

Di babak kedua, jual beli serangan kembali terjadi. Tuan rumah yang berniat meraih kemenangan perdana di hadapan ribuan pendukungnya, langsung menggempur pertahanan tamunya, PSM Makassar. Tendangan sang kapten Barito Putera Rizky Pora masih melesat diatas mistar gawang. Begitupun pemain depan PSM, Guy Junior sempat mengancam gawang barito putera di meniit 65, namun tendangannya masih bisa dimentahkan Aditya Harlan.

Untuk menambah daya gedor, Jaksen F. Tiago menambah amunisi di menit ke 70 dengan memasukan gavin kwan adsit, menggantikan paulo sitanggang. Barito putera akhirnya mampu mewujudkan impiannya meraih kemenangan perdana di kandang, setelah tendangan firstime Matias Cordoba dimenit 91, hasil umpan Rizky Pora tak mampu di bendung Sahar Ginanjar, skor berubah menjadi 2-1 untuk tuan rumah barito putera.

“Ini perjuangan keras yang luar biasa, kita harus memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi pemain kita. Dan tadi gol lawan hasil dari sebuah kesalahan kita, namun  kita sangat salut atas kerja keras pemain kita, sehingga bisa mereporkan lawan,” kata pelatih Barito Putera Jaksen F Tiago, usai pertandingan.

Sementara itu pelatih PSM Makasar Robert Rene Albert mengakui permainan bagus Barito Putera. Tanpa kehadiran tiga pemain asingnya, menurut Rene, sangat berdampak pada pertandingan kali ini.

“Saya tidak bisa meminta lebih lagi dari timnya saya hari ini, mereka sudah lakukan yang terbaik. Cuman, dari soal konsentrasi di service yang seharusnya bisa kita tingkatkan saat kita bisa menghalau service itu,” kata Robers Rene kecewa.

Kemenangan Barito Putera 2–1 atas PSM Makassar sekaligus mementahkan impian tim Juku Eja untuk memuncaki pimpinan klasemen sementara goojek liga satu Indonesia. Atas kemenangan ini Barito Putera naik peringkat ke papan atas, atau berada diposisi 3 klasemen sementara, dengan mengumpulkan nilai 7 dari dua kali menang dan satu kali seri. Sedangkan PSM Makassar tertahan di urutan ke 7 dari dua kali menang dan satu kali kalah. (YD/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00