• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Riri Riza: Film Anak-Anak Butuh Aspek Spesifik

16 April
22:00 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Film Kulari ke Pantai, menjadi film baru yang digarapnya tahun 2018 ini oleh Mira Lesmana, setelah sebelumnya Ada Apa Dengan Cinta 2.

Riri Riza, adalah sutradara paling tidak 13 film mulai dari Kuldesak pada tahun 1998. Namun, Petualangan Sherina dan Laskar Pelangi adalah film yang diangkat selaras dengan Kulari ke Pantai, karena bisa dinikmati dan ditujukan untuk anak-anak.

Kepada RRI, Riri mengatakan ide dari Mira Lesmana ini mengangkat waktu yang berkualitas antara ibu dan anak yang mempunyai latar belakang yang tinggal di pesisir pantai.

"Kulari ke Pantai itu sebenarnya ide yang datang dari Mira (Lesmana), setelah kita mempertimbangkan beberapa judul yang lain, tapi film ini bercerita tentang semangat bepergian dimana dua tokoh film ini sama-sama memutuskan punya 'our time' ibu dan anak, dan mereka pergi ke sebuah tempat dan kebetulan karakter anak-anak yang kita tulis itu tinggal di pesisir pantai, dan dia ingin ketemu dengan idolanya di pantai yang lain. Kita jadi menemukan itu sebagai judul yang tepat," katanya, Senin (16/4/2018).

Bagi Riri, film untuk anak-anak membutuhkan aspek yang spesifik. Terlebih bagi siapapun yang ingin mendapatkan penonton ketika memproduksi sebuah film. Karena sudut di masa liburan dan rilis di masa liburan tentu menjadi momen yang pas sehingga anak-anak menjadi giat menonton film ini, bukan hanya di hari sabtu atau minggu saja. Begitupun dengan film ini yang akan rilis pada 28 Juni 2018.

"Sebenarnya kalau bicara film anak kenapa orang tidak banyak yang buat film anak, film anak itu sangat spesifik kalau kita ingin dapatkan penonton kita harus mempromosikannya dan memutarnya di masa liburan, apa boleh buat itu karena kalau engga anak-anak akan menonton di hari sabtu-minggu jadi kita sulit sekali mendapatkan momentum publiknya. Jadi karena itulah kita mengarahkannya sebagai sebuah film liburan," tandasnya.

Kriteria musik untuk Lomba Cipta Lagu Anak 2018 yang bergandeng tangan dengan film ini juga diakui ada keterlibatan Riri didalamnya. Terlebih Riri punya passion terhadap musik, cerita dan film. Kemudian film pertamanya adalah film musikal anak-anak dan pernah bekerja sama dengan musisi tanah air memantapkan dirinya untuk turut serta sebagai juri dan memberikan kriteria penilaian lomba tersebut.

Terlebih kerinduannya terhadap perkembangan lagu anak yang berkualitas, dengan kriteria lagu yang memiliki feel, menunjukkan sebuah passion dan mendukung keterbukaan kreatifitas, keindahan, dan imajinasi. (ICP/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00