• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kios Pasar Klewer Dijual Melalui Situs Online, Ini Reaksi Pemkot Surakarta

17 April
06:42 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Pemerintah Kota Surakarta menemukan jual beli dan sewa menyewa kios di Pasar Klewer Solo. Pemkot menemukan transaksi sewa menyewa kios melalui situs jual beli Online. 

Pemindahtanganan Surat Hak Penempatan (SHP) dianggap Pemkot sebuah pelanggaran yang masuk kategori korupsi. Pemkot pun ancang-ancang akan melaporkan ke pihak berwajib.

"Menjual kios dan menyewakannya iti sebuah pelanggaran yang masuk kategori korupsi," kata Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Surakarta Subagyo, Senin (16/4/2018).

Subagyo  mengatakan, kios pasar Klewer adalah milik negara. Tidak dibolehkan untuk diberjual belikan atau dialih sewakan kepada siapapun. Pedagang hanya diberikan Surat Hak Pakai (SHP).

"Jika sudah tidak digunakan lagi, SHP yang dipegang kami harap dapat dikembalikan ke pemkot," pintanya.

Ditemui terpisah Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mnegaskan pemkot akan memproses dugaan temuan jual beli dan sewa menyewa yang diunggah disalah satu situs jual beli online tersebut. Modus yang digunakan diakui cukup baru, yakni menggunakan perantara atau broker. Pemilik asli SHP tidak berani menawarkan langsung kepada calon pembeli. 

"Pedagang Pasar Klewer sudah melakukan kejahatan korupsi. Mereka menjual aset negara atau paling tidak menyalah gunakan kewenangan," tandasnya.

Pemkot akan melakukan koordinasi untuk menjerat pelaku jual beli atau sewa menyewa kios pasar Klewer.

“Kita ngurusi nggak pernah minta satu sen pun kok malah mereka mencari keuntungan sendiri. Siapapun yang menyewakan, mohon untuk dikembalikan. Masalah ini akan kita tindaklanjuti ke ranah hukum," tegasnya

Lebih lanjut disampaikan Wali kota, selain melaporkan ke polisi, pemkot juga akan memperketat pengawasan pemanfaatan SHP. SHP yang dipegang pedagang hanya berlaku selama tiga tahun. Setiap tiga tahun sekali mereka wajib melakukan registrasi ulang kepada pengurus pasar.

"Pak Lurah Pasar Klewer harua bertanggungjawab untuk memastikan bahwa yang memperpanjang SHP adalah benar-benar pedagang asli."  (MI/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00