• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

IGI Sumedang Keluhkan Soal Matematika Pada UNBK 2018 Tak Sesuai Kisi-Kisi

17 April
07:47 2018
1 Votes (5)

KBRN, Sumedang : Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Sumedang mengeluhkan terkait materi soal matematika pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA 2018 yang dinilai tidak sesuai dengan kisi-kisi dan sangat sulit.

Ketua IGI Sumedang, Ade Sugiana menyatakan, selain memprotes, soal ujian matematika pada UNBK SMA 2018 itu juga dinilai jauh berbeda dengan materi soal try out untuk UNBK SMA 2018.

"Ya, Benar benar HOTS (High Order Thinking Skill) kurikulum 13 sekarang, kasian anak-anak, semua proses menuju UNBK sudah mereka lewati dari awal dengan penuh perjuangan, tapi, harapan pupus ketika dihadapkan pada soal soal yang bikin pusing," ujar Ade kepada RRI, Selasa (17/4/2018).

Selanjutnya, tutur Ade, pihaknya akan melakukan konsolidasi dan menyikapi tentang keluhan siswa.

"Memang banyak soal yang tidak dikuasai oleh siswa karena soal UNBK nya diluar konteks kurikulum yang diajarkan," ucapnya.

Oleh sebab itu, IGI Sumedang akan terus mengadakan workshop dan memperkenalkan serta membentuk guru profesional dan berkarakter dalam menyeimbangi bahan ajar yang saat ini berdaya networking tinggi di abad 21. penyampaian materi pelajaran ke siswa dapat dilakukan, baik itu di sekolah maupun mandiri dirumah dengan panel panel penggunaan teknologi saat ini.

"Kurikulum 13 dengan jargonya HOTS bukan berarti dalam pembuatan soal di UNBK diberikan soal yang sulit, dalam teknis penyampaian justru harus dibuat lebih mudah," tandasnya. (AD/wDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00