• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Proses Coklit di Gunungkidul Selesai 100 %

16 May
17:53 2018
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta: Proses pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilaksanakan Panitia Pencocokan Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Gunungkidul sudah memasuki tahap akhir, yakni sudah mencapai 100 persen.

Ketua KPU Gunungkidul, Muh Zaenuri Ikhsan mengatakan, tidak ada kendala yang berarti dalam proses coklit. Hanya Pantarlih banyak menemukan adanya warga Gunungkidul yang merantau dan jarang pulang.

“Dari pantauan yang dilaksanakan oleh KPU, sebagian besar Pantarlih sudah menyerahkan hasil coklit pada Panitia Pemungutan Suara (PPS) dimasing- masing kecamatan. Selanjutnya mulai besok 17 Mei 2018, PPS akan meng-entri data tersebut sesuai dengan form yang disiapkan oleh KPU RI,” terangnya kepada RRI dikantornya, Rabu (16/5/2018).

Zaenuri menjelaskan, dalam proses entri data nantinya akan ditemukan data yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Data ganda maupun data yang tidak memiliki KTP ataupun belum melakukan perekaman KTP. Sehingga KPU akan melakukan koordinsi dengan Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil.

"Sampai kemarin kita monitoring di lapangan, semua pantarlih susah selesai, ada beberapa kepala keluarga yang belum tapi itu dua hari lalu dan sekarang sudah selesai," katanya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Gunungkidul, Antok dihubungi terpisah mengatakan, dalam proses coklit pihaknya sudah memastikan Pantarlih bekerja dengan baik. Sehingga tidak ditemukan adanya data yang kurang valid ataupun kecurangan nantinya.
 
“Berdasrkan pemantauan Panwaslu, memang ada beberapa rumah yang tidak ditempel stiker usai dilaksanakan coklit,” jelasnya.

Pihak Panwaslu, lanjutnya, uga menyoroti pemakaian data lama yang dinilai kurangvalid. Adanya Pantarlih yang tidak bekerja sesuai dengan regulasinya juga menjadi catatan Panwaslu Gunungkidul. Namun secara keseluruan proses coklit berjalan dengan lancar. (wib/yyw/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00