• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Sehari Jelang Ramadhan, Tim Satgas Pangan Cimahi Pantau Harga Kepokmas

16 May
18:42 2018
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi : Tim Satgas Pangan Kota Cimahi melakukan pemantauan langsung harga pasar berbagai kebutuhan pokok masyarakat,  sehari menjelang bulan suci Ramadhan disejumlah pasar tradisional di Kota Cimahi, Rabu (16/5/2018).

Pemantauan tadi pagi berawal di Pasar Cimindi  Cimahi di Jalan Mahar Martanegara Kelurahan Cigugur Tengah Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi, dipimpin langsung Ketua Tim Satgas Pangan Kota Cimahi yakni Kapolres Cimahi AKBP.Rusdy Pramana Suryanagara didampingi Walikota Cimahi Ajay Muhammad Priatna.

Harga komiditas yang jelas mengalami kenaikan hanya daging ayam potong dan daging sapi, sedang harga kebutuhan lainnya masih normal.

Di Pasar Cimindi Cimahi, harga ayam potong mencapai Rp.42.000,-/ kg, dari sebelumnya Rp.40.000,-/kg. Sedang daging Sapi mencapai  Rp.120.000,-/kg atau naik sekitar Rp.10.000,- dari harga sebelumnya hanya Rp.110.000,-/kg.

Walikota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengatakan, mereka sengaja turun ke pasar guna mengecek harga kebutuhan pokok masyarakat  saat menjelang bulan suci Ramadhan.

"Memang ada komoditi yang naik seperti tahun-tahun sebelumnya, seperti ayam, sapi, dan telur harganya lumayan tinggi.Ya mudah-mudahan bisa turun lagi," ujarnya.

Untuk omzet penjualanan kata Ajay, ayam omsetnya cukup bagus dan penjualanan cukup baik demikian pula pembeli juga cukup banyak.

"Apalagi omset ayam potong di Pasar Cimindi seharinya bisa mencapai 3 ton," imbuhnya.

Sementara, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara menyebutkan, walaupun ada kenaikan untuk beberapa komoditi seperti ayam potong dan daging sapi, ia menilai kenaikan yang terjadi itu masih dalam batas wajar.

"Kami dari tim satgas pangan tentunya akan tetap memantau, manakala ini tidak dalam batas kewajaran kami akan melakukan tindak lanjut. Namun sejauh ini masih dalam batas kewajaran, secara psikologi pasar biasa terjadi saat mendekati bulan puasa," ujarnya.

Kenaikan harga lainnya yang terpantau menurut Kapolres, antara lain bawang, beras, dan telur, tetapi tidak besar.

"Kami mengingatkan kepada para pedagang agar tidak menaikkan harga seenak perut, karena persediaan kebutuhan pokok masyarakat masih cukup terpenuhi dan aman," ungkapnya.

Ia juga meminta para pedagang untuk tidak melakukan penimbunan barang, guna mecari keutungan yang lebih besar. "Kami dari kepolisian tidak akan tinggal diam dan melakukan penindakan keras terhadap para pelaku penimbun barang kebutuhan pokok masyarakat, bila ditemukan," tandasnya. (SH/HF) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00