• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

FKUB Surakarta: Teror Bom Tak Ada Kaitannya dengan Agama

16 May
21:21 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Surakarta menyampaikan pernyataan sikap terkait dengan peristiwa peledakan bom di berbagai daerah. Ada empat poin sikap yang disampaikan FKUB Surakarta, melalui surat yang ditandatangani Ketua KH Dahlan HT, dan Sekretaris Alqaf Hudaya itu. 

Pertama, turut berduka cita ikut prihatin dan ber-empaty terhadap korban bom dan keluarganya. Bahwa kejadian tersebut tidak terkait dengan agama tertentu, akan tetapi lebih sebagai kejahatan kemanusiaan. 

"Mengajak masyarakat Kota Surakarta untuk tetap tenang, menjaga kerukunan dan tidak terprovokasi, namun tetap menjaga kewasdaan dan tidak perlu merasa takut. Kemudian mempercayakan sepenuhnya kepada Polri untuk mengusut tuntas peristiwa tersebut," tulis pengurus FKUB dalam surat edaran yang disampaikan masyarakat, Rabu (16/5/2018).

Sikap tegas juga disampaikan tokoh agama dan ulama Kota Solo Hilmi Sakdillah. Ketua Tanfidziah Nahdlatul Ulama Solo itu menyebut semua orang pasti mengutuk kebiadapan teroris yang membunuh dan melukai orang-orang yang tidak ada kaitanya. 

"Ini murni kejahatan kemanusiaan, kami harap masyarakat tidak mengkaitkan tindakan teroris dengan Islam, karena justru akan memecah belah bangsa," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (16/5/2018).

Pihaknya berharap pemerintah segera mengambil tindakan tegas dan memberikan rasa aman dan nyamawan bagi seluruh masyarakat. Sebab dengan adanya teror ini menimbulkan rasa takut di masyarakat, yang notabene tujuan dari teroris berhasil. 

"Kami juga mengajak seluruh ulama, para da'i, ustad dalam cerahmahnya bisa memberikan kejelasan arti jihad yang sesungguhnya, dan tidak menyesatkan umat," tandasnya. (MI/HF) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00