• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Mahasiswa Asing Tampil Aktraktif dalam Festival Musik Patrol Banyuwangi

29 May
21:40 2018
2 Votes (5)

KBRN, Banyuwangi : Sebelas mahasiswa asing dari berbagai negara, meriahkan Festival musik patrol 2018, yang gelar di Stadion Diponegoro, Banyuwangi, Selasa (29/5/2018).

Penampilan mahasiswa peserta manca negara yang tergabung dalam program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) tersebut, menjadi tontonan menarik tersendiri bagi ribuan pengunjung yang hadir, karena penampilan mereka tak kalah atraktifnya dengan para peserta lokal.

Meskipun baru pertama kali tampil dalam Festival Patrol, mahasiswa dari berbagai negara tersebut cukup lihat memainkan beberapa alat musik yang terbuat dari bambu (patrol), bahkan mereka cukup fasih menyanyikan lagu Osing berjudul "Bulan Puoso", meski dengan logat yang terdengar asing di telinga.

Mahasiswa asal India, Muhammad Farhan, yang didaulat sebagai vokalis, mengaku sangat terkesan dengan penampilan grupnya, meskipu harus bersusah payah latihan, agar bisa memainkan alat musik tradisional disertai bernyanyi dalam bahasa Using - suku khas Banyuwangi.

"Awalnya susah, karena tidak pernah maen musik seperti ini, untuk penampilan ini kami latihan terus tiap hari selama sepuluh hari, khususnya menghafal lirik bahasa Using, tapi setelah tampil, saya sangat puas karena ini pengalaman yang luar biasa," jelas Farhan, Selasa (29/5/2018).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Arzu Muradova, Mahsiswa asal Azerbaijan tersebut mengaku, bermain patrol adalah pengalaman yang menyenangkan, meski harus latihan setiap hari di tengah-tengah dia berpuasa, namun perjuangan selama latihan berhari - hari, terbayar tuntas, dengan penampilan yang cukup menghibur para penonton.

"Rasanya exciting, kita harus memainkan musik dari bambu, Festival cukup bagus karena melibatkan peserta dari anak-anak sampai dewasa, dan ini bagus karena sejak kecil mereka sudah dikenalkan budaya daerahnya," tutur Arzu, Selasa (29/5/2018).

Festival patrol yang merupakan salah satu agenda Banyuwangi Festival (B-Fest), dan festival ini merupakan cara dai Banyuwangi untuk melestarikan tradisi dari masyarakat Banyuwangi, dalam membangunkan masyarakat, untuk melaksanakan ibadah sahur, selama bulan Ramadhan. (Son/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00