• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Dubes Helmy Jelaskan Misi RI Sebagai DK PBB di Kairo

11 June
21:30 2018
0 Votes (0)

KBRN, Kairo : Duta Besar RI untuk Mesir, Helmy Fauzi, menggelar acara buka puasa bersama sejumlah jurnalis Mesir di Kairo. Dalam pertemuan ini, Dubes Helmy menjelaskan sejumlah perkembangan terkini termasuk terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB. 

Menurut dia, penggunaan pendekatan dialog akan menjadi salah satu misi utama Indonesia di DK PBB.  Hal ini dipercayai sebagai salah satu cara untuk menyelesaikan sejumlah konflik yang terjadi di dunia. 

“Salah satu upaya akan diperankan Indonesia sebagai anggota DK PBB ke depan adalah mewujudkan perdamaian dan ketertiban dunia secara nyata melalui pendekatan dialog dan cara-cara damai,” ujar Dubes Helmy di Wisma Duta KBRI Kairo, (10/6) kemarin.

Lebih lanjut, dia menegaskan kembali penyataan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi perihal pemberantasan terorisme. Menurut Dubes Helmy, keanggotaan di DK PBB juga akan dimanfaatkan dalam rangka memerangi terorisme global. “Pastinya, Indonesia akan memanfaatkan keanggotaan untuk memerangi terorisme, radikalisme dan ekstrimisme melalui pendekatan komprehensif,” tegas dia.

Dubes Helmy juga mengapresiasi dukungan Mesir dalam pemilihan anggota tidak tetap DK PBB tersebut. Karena itu, lanjut dia, kerja sama ini dapat dilanjutkan dalam untuk mendukung kemerdekaan Palestina. 

 “Keanggotaan Indonesia ini adalah kontribusi yang positif dalam berbagai upaya yang selama ini diperjuangkan bersama oleh Indonesia dan Mesir dalam mewujudkan kemerdekaan dan perdamaian dunia, termasuk di antaranya kemerdekaan penuh rakyat Palestina,” ujar Dubes Helmy. 

Acara buka puasa ini dihadiri oleh sekitar 30 jurnalis dari berbagai media terkemuka di Mesir, seperti Ahram, Youm 7, Egypt Today, Almasry Alyoum, Akhbar Alyoum, Shorouq, El Watan News, Shadalbalad News, Nisfu Eldunya, Egyptian Satellite TV, Nile TV, dan Radio Mesir berbahasa Indonesia, serta wartawan media Indonesia di Mesir, yaitu RRI.  Selain mendapatkan informasi mengenai Indonesia, para jurnalis juga berkesempatan mencicipi sejumlah hidangan khas Indonesia, seperti kolak, bakso, bakwan, rendang, dan sate ayam.(Ril/RA).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00