• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Air Bersih Cukup Mahal Bagi Masyarakat Desai

13 June
17:29 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malaka : Air bersih salah satu kebutuhan oleh masyarakat desa masih dianggap cukup mahal, untuk mendapatkannya warga harus berjuang dengan sedaya upaya.

Pemenuhan air bersih sebut saja di Desa Uabau Kecamatan Laen Manen Kabupaten Malaka, warga setempat terpaksa berjalan kaki hingga satu dua kilo meter menuruni bukit, dan aktifitas seperti ini telah dijalani warga sejak tahun-tahun silam.

Sementara bagi warga desa yang kebetulan memiliki kendaraan bermotor sedikit terbantu menimba air di kali ataupun perigi yang terdapat di desa, itupun terbatas menggunakan jerigen seadanya.

Bagi warga setempat, sudah menjadi hal biasa berjuang hidup untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan merupakan jalan satu-satunya baik untuk keperluan memasak dan kebutuhan lain sebagainya. 

Even siswa kelas 2 SMPN Laen Manen menuturkan, setiap hari bantu orang tua sehabis pulang sekolah menimba air.

" Tiap hari,  pagi juga sore muat air untuk masak. Sekali angkut 10 jerigen, sekarang ada 1 sumur di Dusun sini, kalau mulai musim kemarau bulan September ramai-ramai timba di kali, Jelas Even,  Rabu (13/6/2018).

Layanan air bersih dianggap belum begitu menjadi program mendesak oleh Pemerintah Kecamatan dan desa sehingga warga masih bergelut hidup seadanya dalam pemenuhan hidup

Program bantuan seperti sumur pompa belum terdapat di desa, ataupun penyediaan sarana embung yang memadai sebagai pendukung layanan air bersih. Untuk itu warga desa setempat untuk memenuhi kebutuhan air bersih masih menjalani keseharian hidup  apa adanya, selain memikul jerigen juga ngojek air.  (FA/Evie).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00