• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Daging Sapi pada Meugang Lebaran di Aceh Capai 150 Ribu Per KIlogram

13 June
18:27 2018
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Harga daging sapi lokal yang dijual oleh pedagang di sejumlah pasar daging di Aceh berkisar antara Rp 150 hingga Rp 160 ribu perkilogram. Pada hari meugang pertama,Rabu (13/6/2018) harga daging sedikit melonjak di sejumlah pasar tradisional.

 dimana sebuah tradisi di Aceh yang sudah berlangsung secara turun temurun yang dirayakan selama tiga kali dalam setahun, yaitu menjelang bulan puasa, lebaran idul fitri dan lebaran idul adha.

Sedikit berbeda suasana jika dibandingkan pada saat meugang puasa dengan meugang menyambut lebaran idul fitri ini. Pada meugang kali ini pedagang daging sapi tidak begitu ramai dikarenakan jumlah permintaan daging dari konsumen yang diperkirakan menurun.

Salah seorang pedagang daging sapi di pasar lambaro aceh besar bernama Yasir mengatakan, harga daging pada meugang kali ini bertahan 150 ribu rupiah, namun pada meugang besok, belum bisa diperkirakan apakah harga daging meningkat atau menurun.

“Kalau megang kali ini tidak terlalu ramai, karena ada beberapa faktor. Apalagi masyarakat yang umumnya berada di Banda Aceh sudah mudik ke kampung halaman. Kalau pada meugang puasa lalu lebih ramai,” ujarnya.

Dikatakan Yasir, pada meugang kali ini Ia tetap menjual daging sapi lokal karena permintaan konsumen yang dominan. Namun menurutnya ada sebagian pedagang yang juga menjual daging sapi impor.

Sementara itu, salah satu warga Kota Banda Aceh bernama Ridwan kepada RRI mengatakan, alasan dirinya membeli daging hari ini karena besok kemungkinan akan mahal dan sudah mendekati lebaran.

“Jadi saya beli terus hari ini. Bagi saya hari meugang merupakan tradisi sakral, rasanya seperti tidak afdhal jika tidak masak daging pada perayaan meugang,” kata Ridwan disela-sela ia membeli daging di pasar Lambaro Aceh Besar.   

Meugang merupakan sebuah tradisi di Aceh yang sudah berlangsung lama secara turun temurun. Meugang dirayakan selama tiga kali dalam setahun, yaitu menjelang bulan puasa, lebaran idul fitri dan lebaran idul adha.

di Aceh ada suatu kebiasaan (yaitu meugang) dimana masyarakat membeli daging lalu memasaknya dan disantap bersama-sama dengan keluarga dan saudara. Meskipun harga daging terbilang cukup mahal, namun warga Aceh tetap membeli daging sapi untuk dimasak.

Di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar ada terdapat sejumlah pasar daging yang menjual daging meugang untuk persiapan masakan saat menyambut lebaran. diantaranya di pasar Peunayong, pasar Lambaro, pasar Setui, pasar Keutapan, Ulee Kareng, Beurawe, dan sejumalah tempat lainnya. (Mj/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00