• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Jelang Hari Raya, Banyak TKI Manfaatkan Jasa Pengiriman Uang dari Malaysia

13 June
18:44 2018
0 Votes (0)

KBRN, Kuala Lumpur : Mengirimkan uang melalui rekening bank atau transfer, menjadi pilihan para tenaga kerja Indonesia atau WNI yang akan kembali ke tanah air. 

Hal itu juga terpantau di wilayah Chow Kit Kuala Lumpur, sebuah wilayah yang terdapat jumlah WNI cukup banyak. Di wilayah ini, selain banyak ditemui warung makan khas Indonesia, juga banyak kios kios yang menawarkan jasa mengirim uang ke beberapa Negara, termasuk Indonesia. 

Ifa, salah seorang petugas administrasi jasa pengiriman uang di Chow Kit kepada RRI, Rabu (13/6/2018) mengatakan, banyak TKI yang memanfaatkan jasa perusahaannya, terutama seperti saat jelang hari Raya Idul Fitri kali ini.

"Banyak yang ngirim, terutama seperti saat ini, jelang hari raya. Kami dapat kirim dengan nilai minimum 50 ringgit (setara Rp 150 ribu) hingga maksimum 100 ribu ringgit (Rp 100 juta)," jelas Ifa.

Ifa, yang juga merupakan WNI asal Jawa Timur menuturkan, kios tempatnya bekerja hanya akan libur saat Hari Raya Idul Fitri saja, dan setelah itu, akan beroperasi kembali. 

Sampai saat ini lanjut Ifa, kiosnya hanya melayani pengiriman uang ke Indonesia dan beberapa Negara Asia lain seperti Bangladesh, Myanmar, serta Tiongkok, dan belum dapat melakukan transaksi penarikan uang dari Negara luar Malaysia. Selain itu, Ifa juga menambahkan kios pengiriman uangnya ini telah mendapat sertifikasi dari beberapa bank nasional di Indonesia, sehingga banyak pelanggan yang merasa aman dan nyaman, menitipkan uang mereka untuk ditransfer ke kampung halaman. (TH/HF)

  • Tentang Penulis

    Tomo Hakim Sastrotaroeno

    Presenter dan Reporter Pro 3 RRI // Big Fans of Liverpool FC #YNWA

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00