• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

MUI Biak Gelar Deklarasi Tolak Radikalisme dan Kekerasan Atas Nama Agama

13 June
21:59 2018
0 Votes (0)

KBRN, Biak : Majjelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Biak Numfor menggelar buka puasa bersama dengan  Lembaga Organisasi Islam se-Kabupaten Biak Numfor dan dilanjut dengan deklarasi tolak radikalisme  dan kekerasan  atas nama agama, yang berlangsung di Mushala Miftahul Huda Snerbo,Samofa Biak, Rabu (13/6/2018).

“Kita ingin menutup bulan Ramadhan 1439 Hijriah dengan berkah silaturahmi dengan mengundang ormas Islam, Lembaga Organisasi Islam, juga tokoh lintas agama, tokoh adat sebagai wujud  memperkuat kebersamaan dan persatuan di Kabupaten Biak Numfor,” ujar Ketua MUI Biak Numfor,Kamarudin.

“Selain silaturahmi, momen ini juga menjadi penting sebagai bentuk penyikapan MUI Biak Numfor terhadap situasi yang berkembang di negeri kita dimana kita ketahui bersama bahwa saat memasuki bulan Ramadhan diawali dengan kekerasan berupa teror bom yang terjadi di mana-mana,dan ini menyebabkan kita umat Islam merasa sedih dan akhirnya banyak orang yang salah paham dan beranggapan itulah wajah Islam padahal jangan melihat wajah Islam dengan para pelaku yang mengorbankan nyawanya untuk sesuatu yang tidak jelas,namun lihatlah wajah Islam contohnya dari saudara-saudara kita di Biak Numfor, yang datang berkumpul, bersilaturahmi,akrab,aman,tentram,makan bersama,” ungkap Kamarudin.

“Pesan penting yang kami sampaikan bahwa kami umat Islam di Papua dan khususnya di Kabupaten Biak Numfor sebagai umat Islam yang sangat konsen terhadap upaya yang dilakukan bangsa dan negara kita untuk menciptakan perdamaian abadi,” tuturnya.

“Kita jangan sampai terjebak karena agama lebih sering diatasnamakan,daripada diamalkan,” tegasnya.

Sementara, Komandan Lanud Manuhua Biak,Kolonel Pnb.Fajar Adriyanto menyampaikan pesan damainya menekankan semua umat manusia untuk saling menyayangi sesuai ajaran agama.

“Agama itu harus diamalkan,persoalan ibadah adalah masing-masing namun hubungan antar manusia tetap berjalan dengan damai,dan kita harus selalu bersyukur akan itu,” ujar Danlanud.

Secara bergantian menyampaikan pesan damai dari Ketua GKI Klasis Biak Selatan, Pdt George Korwa,Kasatintel Polres Biak Numfor AKP Suryana, Kasi Pendidikan Islam Kementerian Agama Biak Numfor Mansyur Laha,Bhiksu Badra Prawira,Kepala Kampung Kinmom Snerbo Adam Marandof dan Ketua KKSS Abdul Rahman.

Selanjutnya setiap perwakilan menandatangani Deklarasi Tolak Radikalisme dan kekerasan atas nama Agama, dan dilanjut dengan buka puasa bersama. (OP/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00