• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Basarnas Terjunkan Personel Terbaik untuk Kelancaran Mudik

13 June
23:11 2018
0 Votes (0)

KBRN, Merak : Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) tidak main-main dalam mengerahkan sumber daya manusia dan peralatan canggih dalam menyukseskan pelaksanaan mudik dan balik lebaran 2018 termasuk di jalur penyeberangan Pelabuhan Merak-Pelabuhan Bakauheni.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Banten M Zaenal Arifin mengatakan penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni merupakan prioritas nasional untuk pelaksanaan mudik lebaran sehingga pengawasan harus lebih maksimal.

"Kita berbicara keselamatan maka kita  menyiapkan alat utama sehingga harapannua apabila terjadi insiden, kita bisa dapat. Harapan kita tidak ada insiden. Mudik menjadi perhatian Basarnas. Kita tidak main-main. Kita menyiagakan personel terbaik. Kalau ada insiden, kita respon dengan cepat. Kalau kualitas personel kami adalah yang terbaik. Kami menurunkan yang terbaik," kata Zaenal Arifin, kepada wartawan, Rabu (13/6/2018).

Adapun, armada yang dikerahkan diantaranya KN Basudewa, KN Drupada, helikopter yang berpatroli dua kali dalam sehari. Patroli dengan helikopter bekerjasama dengan TNI AU.

"Kita siagakan H-4 sampai H-1. Setiap hari dilakukan pemantauan dua kali. Trip pertama pukul 10.00WIB.  Manuver di Merak kemudian flight ke Bakauheni dan manuver disana kemudian kembali ke Dermaga Indah  Kiat. Yang kedua heli manuver di Merak kemudian flight ke Bakauheni, isi bahan bakar di Bandara Raden Inten Lampung dan kembali Dermaga Indah Kiat. Sampai H-1 besok," ujarnya.

"Kalau personel di posko, terdiri dari tiga personel radio komunikasi, dari kantor pencarian dan pertolongan empat orang, kru Basudewa 10-12 orang, Drupada sama dan lainnya. Kita kerahkan maksimal karena Merak prioritas utama Basarnas".

Berdasarkan patroli, tidak ada hal yang mengkhawatirkan. Namun potensi gangguan yang dipetakan dan biasanya kasus dalam penyeberangan seperti penumpang tercebur, kapal karam, kapal tenggelam, tabrakan antar kapal.

Dia menyampaaikan pesan dari Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi adalah untuk personel Basarnas, bekerja dengan profesional, kompak dan santun.

"Pesan beliau, pelaksanaan harus berjalan lancar. Keselamatan prioritas. Semoga semua perjalanan pemudik bisa selamat, perjalanan aman dan bisa merayakan Idul Fitri dengan bahagia. Tips mudik guyub rukun, keselamatan penting. Pemudik menjaga keselamatan sehingga tiba di keluarga dan bisa berjalan dengan baik, selamat dan bahagia," ujarnya. (Sgd/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00