• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

PMI Cilacap Salurkan 2 Tangki Air Bersih di Kecamatan Patimuan

13 June
23:50 2018
0 Votes (0)

KBRN, Cilacap : Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap menyalurkan 2 tangki air bersih ratusan warga terdampak kekeringan di Kecamatan Patimuan, Cilacap, Rabu (13/6/2018).

Penyaluran air bersih ini diperuntukkan 250 Kepala Keluarga (KK) atau 986 jiwa di Dusun Kalenpring dan Langensari, Desa Patimuan, Kecamatan Patimuan.

Wakil Ketua PMI Cilacap, Koesdjarjo menyebutkan penyaluran air bersih menjadi bukti komitmen PMI bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) membantu masyarakat yang membutuhkan air bersih.

“Relawan kami siap kapanpun diperlukan, untuk kemanusiaan dan permintaan kebutuhan air bersih utk masyarakat desa Patimuan sudah dipenuhi dua tanki pada H-2 Lebaran ini,” jelas Koes.

Kepala Desa Patimuan, Icuk Sudiarta berharap dengan bantuan air bersih ini tidak ada lagi masyarakat Patimuan yang harus ngangsu air bersih, terlebih pada saat Idul Fitri nanti.

“Momen Idul Fitri semoga tidak ada lagi masyarakat yang harus ngangsu air. Saatnya di hari kemenangan tidak lagi disibukkan dengan kebutuhan air.

Biasanya warga di dua dusun itu harus ngangsu air bersih sejauh 3 kilometer dengan bersepeda” ujar Icuk di sela-sela penyaluran air oleh PMI.

Dikatakan, paling tidak 3 tangki diperlukan bagi warga yang terdampak kekeringan untuk kebutuhan selama beberapa hari pasca Lebaran.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap Tri Komara melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Martono mengatakan Desa Patimuan merupakan salah satu dari 40 Desa di Kabupaten Cilacap yang rawan  kekeringan.

“Sinergitas antara BPBD dan PMI yang selama ini terjalin dengan baik, menjadi modal utama bagi kerja-kerja kemanusiaan” kata Martono.

Ditambahkan hingga saat ini BPBD Cilacap sudah menyalurkan 18 tangki air bersih untuk mencukupi 1.253 KK atau sekitar 3.494 jiwa di 7 desa di 3 kecamatan. (Sandy/HF)


 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00