• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Tiga Kompetisi Digelar untuk Mencari Barista Terbaik di Ajang Hotelex Indonesia

6 July
19:25 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Bersamaan dengan Pameran Hotelex Indonesia edisi pertama yang akan diselenggarakan di JIEXPO Kemayoran pada 18-20 Juli mendatang, serangkaian kompetisi turut digelar untuk mencari bakat-bakat barista terbaik di negeri ini.

Kompetisi tersebut antara lain Indonesia Brewers Cup 2018 (IBRC 2018), Indonesia Latte Art Championship (ILAC 2018), serta Indonesia Cup Tasters Championship 2018 (ICTC), yang digelar di ajang Hotelex Indonesia, dan akan menampilkan 24 peserta yang bersaing untuk menjadi pemenang pertama mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia di Brasil pada November 2018. 

Sementara Indonesia Coffee Event (ICE) yang diselenggarakan oleh Barista Guild Indonesia (BGI), bagian dari Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI), merupakan acara tahunan yang ke-7 kalinya diselenggarakan. Tiga kompetisi yang akan dipertandingkan adalah Indonesia Brewers Cup (IBRC) yang diikuti oleh brewers potensial yang dibebaskan untuk memilih kopi single origin yang akan dipresentasikan. 

Tidak cukup dengan rasa dan aroma kopi saja untuk menyisihkan pesaing brewer lainnya. Namun, dibutuhkan serangkaian riset, latihan repetitif, instrumen yang presisi untuk mendapatkan potensi maksimal kopi. Ditambah kecakapan dalam presentasi juga harus bisa meyakinkan juri bahwa kopi inilah yang terbaik.

Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) Syafrudin mengatakan, Indonesia Latte Art Championship 2018 (ILAC 2018) menunjukkan peserta yang telah melalui serangkaian proses. Para barista harus menampilkan free pour style dan decorative style, yaitu seni menuang latte yang menampilkan desain-desain menarik, baik dengan cara free pour maupun dengan etching. 

"Penilaiannya akan berdasarkan atribut visual, kreativitas, dan pola yang identik pada tiap cup-nya," terang Syyafrudin dalam konferensi pers Pamerindo Hotelex 2018 - ICE di Anomali Cafe Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/7/2018) petang.

Sementara lomba terakhir adalah Indonesia Cup Tasters Championship 2018 (ICTC 2018). Di sini para barista bertanding adu cepat dan tepat dalam mengidentifikasi kopi secara blind test.

Ario Fajar, Head of Marketing Toffin --yang merupakan ATPM untuk sejumlah mesin kopi menambahkan, pihaknya memutuskan untuk berpartisipasi menjadi peserta pameran karena event seperti ini tercatat sukses di berbagai negara.

"Sebelumnya kami mengikuti pameran seperti ini di Singapura. Hasilnya, berdampak signifikan terhadap brand maupun penjualan," akunya, yang menyebutkan bahwa kini Toffin merupakan pemimpin pasar mesin kopi di Indonesia.

Sementara Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwiek Roberto menjelaskan, meski pameran ini merupakan yang perdana, namun lebih dari 200 perusahaan dari 26 negara telah menyatakan bergabung sebagai peserta pameran.

"Kami optimis pameran ini akan direspon positif, mengingat Pamerindo sebelumnya telah sukses menyelenggarakan Food Hotel Indonesia dan Food Hotel Tourism Bali," ungkapnya. (Red/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00