• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Jaksa Lakukan Penahanan Suplier Ternak Desa Baudaok

7 July
15:06 2018
1 Votes (5)

KBRN, Atambua : Jaksa Penyidik Kejaksaan Negeri Belu, dalam penyelidikan penyimpangan pengelolaan Keuangan Desa Baudaok Kecamatan Tasifeto Kabupaten Belu, kembali menetapkan Silvester Jems Manek (SJM) selaku suplier sebagai tersangka yang di tunjuk mengadakan ternak sapi,  bersumber Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2016, menyusul penahanan 3  aparat Desa Baudaok.

Kepala Kejaksaan Negeri Belu, Rivi Medellu, melalui Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri Belu, Dani Agusta Salmun mengatakan, penetapan tersangka berinisial SJM pada Jumat sore (6/7/2018), sesuai hasil penyelidikan dan alat bukti dinyatakan bersalah.

Tersangka setelah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik di antar untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Atambua, sehingga langsung dilakukan penahan di Rutan Atambua dengan jangka waktu penahanan 20 hari. 

Menurut Kasi Pidsus, Tersangka SJM terbukti bersalah, karena pada 2016 lalu selaku suplier telah menerima dana Rp96.030.000, untuk mengadakan ternak sapi sebanyak 18 ekor, namun hingga saat ini tidak pernah terealisasi.

“Kita lakukan pemeriksaan yang bersangkutan sebagai saksi, setelah itu berdasarkan hasil pemeriksaan dan juga dengan alat bukti yang ada, kemudian yang bersangkutan di tetapkan sebagai tersangka.”

Dengan telah menetapkan 4 para tersangka (RU, MH, AS dan SJM) dan melakukan tindakan penahan terhadap para tersangka, atas kerugian negara Rp1.020.000.000, selanjutnya Tim Penyidik Kejaksaan  Negeri Belu segera merampungkan beberapa berkas perkara untuk dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum.

“Tim Penyidik akan merampungkan berkas perkara dengan memeriksa beberapa saksi terkait, sehingga secepatnya kita limpahkan ke Penuntut Umum,” jelas Dani.

Terkait adanya tersangka lain terkait kasus ini, Tim Penyidik masih akan mendalami dengan melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi berkaitan dengan pengelolaan Keuangan Desa Baudaok selama Tahun Anggaran 2015, 2016 dan 2017. (TB/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00