• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

KPU Bengkulu Belum Terima Parpol Daftarkan Bacalegnya

11 July
14:09 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Kendati proses pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) untuk tingkat Provinsi sudah di buka sejak tanggal 4 Juli lalu, namun sampai saat ini belum ada satu-pun dari Partai Politik (Porpol) yang mendaftarkannya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan, dari koordinasi yang dilakukan pihaknya dengan sejumlah parpol, saat ini masih disibukan dengan penyiapan berkas administrasi yang dipersyaratkan, diantaranya dokumen pengajuan dan syarat calon, berupa surat-surat keterangan.

Untuk itu Irwan tetap menghimbau sejak dari awal ini, agar setiap parpol segera mendaftarkan dokumen Bacalegnya ke KPU.

“Pendaftaran dari sekarang itu, bukan hanya terkait teknis pemeriksaan yang akan dilakukan Kelompok Kerja (Pokja), juga dengan waktu yang tersedia nantinya pada tanggal 17 Juli merupakan hari terakhir, apabila di waktu-waktu terakhir mendaftarnya, dokumen pengajuan yang belum lengkap, dikawatirkan tidak bisa dilengkapi,” imbuhnya, Rabu, (11/7/2018).

Lebih jauh di tanya mengenai masa perbaikan Daftar Calon Sementara (DCS) Bacaleg dijelaskan, sembari dilakukan verifikasi, pihaknya tetap akan memberikan waktu perbaikan, tetapi sifatnya perbaikan dokumen saja dan bukan yang lainnya.

“Untuk penetapan Bacaleg sendiri, ditambahkan Irwan, akan dilakukan oleh pihaknya berbarengan dengan penetapan Calon Legislatif-Caleg mulai dari DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi dan DPR serta DPD RIpada September mendatang,” terangnya.

Sementara untuk diketahui, jumlah parpol peserta Pemilu tahun 2019 di Provinsi Bengkulu sebanyak 15 partai, yakni, PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Garuda, Berkarya, PKS, PKPI, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat dan PBB.(REP/NYP)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00