• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polda Bali Fokus Berantas Terorisme dan Kejahatan Siber

11 July
20:49 2018
1 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Kepolisian Daerah (Polda) Bali melaksanakan apel peringatan Hari Bhayangkara ke-72 di Lapangan Niti Mandala Denpasar, Rabu (11/7/2018).

Berbagai kegiatan merangkai acara yang menarik animo masyarakat disekitar lokasi.

Sementara mengacu pada amanat Presiden, Joko Widodo, Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) diminta memperhatikan beberapa hal, diantaranya soal pemberantasan dan penanggulangan terorisme. Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose kepada wartawan mengaku telah mengejawantahkan amanat Kepala Negara tersebut.

"Saya di Bali sejak menjadi Kapolda dari tahun yang lalu, saya sudah membuat satuan tugas Counter Transnational Organized Crime atau CTOC, dimana dari 10 kejahatan transnasional itu kita sudah melaksanakan," tegasnya.

Tidak hanya pemberantasan dan penanggulangan terorisme, Petrus Golose memastikan Polda Bali juga konsern pada penanganan kasus kejahatan siber. Polda Bali dikatakan banyak mengungkap kasus kejahatan siber selama tahun 2017 dan tahun 2018. Pengungkapan itu disebut kerjasama jajarannya dengan aparat penegak hukum ataupun instansi terkait dari negara lain.

"Itu kita bisa bawa sampai dengan peradilan ataupun ekstradisi dengan negara-negara lain. Jadi pelaksanaan misalnya transnational organized crime tidak juga harus dibawa dengan sistem atau criminal justice system process di negara kita, tetapi kita juga bisa melakukan apakah ekstradisi ataupun MLA ataupun kita deportasi ataupun handing over, ini sudah kita lakukan," jelasnya.

Untuk mewujudkan program promoter (profesional, modern, dan terpercaya), Kapolda Bali mengklaim pihaknya sudah mampu memenuhi unsur aman bagi masyarakat. Indikator itu disebut terlihat dari hasil penelitian Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Udayana (Unud) berkaitan dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kepolisian.

"Dalam risetnya,  kita boleh dikatakan, Polda Bali sekarang menjadi institusi yang dapat dipercaya atau amat sangat dipercaya oleh masyarakat di Pulau Bali. Bukan berarti institusi lain tidak, tetapi diperbandingkan dengan institusi lain, Polda Bali ini mendapat kepercayaan dan ini saya tekankan kepada anggota bahwa merubah mental terutama di Hari Bhayangkara yang ke-72 ini, merubah mental kita yang biasanya mau dilayani menjadi mental kita menjadi pelayan," ujar Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose. (HRO/Foto:ist/Evie).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00