• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Amerika Libatkan Kambing Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

7 October
13:35 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Ada cara unik dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan gambut di Amerika Serikat, yakni dengan melibatkan kambing. Di California,   kambing memiliki peran penting dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan. Seperti dilansir dari VOA Indonesia, petugas pemadaman kebakaran memakai  kambing untuk memakan rumput mati yang mudah tersulut api.

Bagaimana caranya??, kambing dilepas,   bebas memakan rumput dan semak-semak  mati yang mudah terbakar. Diharapkan  dalam 20 hari, lahan seluas 10n hektar  bersih dari rumput dan semak-semak kering.  Menurut petugas informasi publik California  Daron Wyatt, penggunaan kambing lebih efisien dibandingkan mesin pemotong rumput.

“Kambing lebih cekatan, dapat bekerja di wilayah yang sulit dijangkau mesin dan manusia seperti di medan yang curam dan berbatu,” kata Daron Wyatt, Senin (7/10/2019).

Metode ini lebih efisien dan hemat. Contoh, apabila menggunakan tenaga manusia, harus merogoh kocek US$ 28.000 atau Rp 395 juta per 10 hektar. Sementara menggunakan kambing, biaya hanya US$500 atau Rp 5 juta per 10 hektar.  Metode ini sudah dipakai sejak 1991. (Sgd/Foto: PXhere.com)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00