• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Galuh Pakuan Segera Inisiasi Workshop Nasional Peningkatan Skill dan Kapasitas Desa Digital

9 October
19:55 2019
5 Votes (4.4)

KBRN, Subang : Sebagai tindaklanjut dari peresmian Desa Digital oleh Bupati Subang Ruhimat, Kementerian Komunikasi dan Informasi diinisiasi Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan segera menggelar Workshop Nasional Peningkatan Kapasitas Pandu Desa Digital, di Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe Kab. Subang.

Workshop tersebut rencananya digelar dari 26 hingga 27 Oktober 2019, dengan menghadirkan pemateri berkualitas dibidangnya. Seluruh desa se-Kabupaten Subang wajib mengikuti workshop tersebut.

Patih Agung LAK Galuh Pakuan Abah Renggo menuturkan bahwa Galuh Pakuan tidak akan berhenti hingga peluncuran desa digital saja. Menurutnya sebagai upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Galuh Pakuan, dengan melanjutkan kegiatan dan pendampingan secara terpadu yang salah satunya dengan workshop tersebut.

"Kami sudah merancang suatu program secara komprehensif, dan matang, tidak setengah-setengah, begitupun dengan Desa Digital yang sudah dilaunching kemarin. Kami lanjutkan dengan pembekalan skill teknis, dan penggunaan jaringan internet secara optimal nanti oleh masyarakat desa. Sehingga semuanya tuntas dan masyarakat desa siap mandiri dan berdaulat," ujar Abah Renggo kepada wartawan di Subang, Rabu (9/10/2019).

Sementara itu Abah Renggo mengungkapkan, materi yang akan disampaikan kepada seluruh perwakilan desa, dalam workshop nanti antara lain, Hubungan Kelembagaan dan Entitas Bisnis, dan materi pendalaman berupa Multimedia produksi, Privasi Goverment, Instalasi Fiber Optic, Internet of Thinks (IOT), Pilot Drone dan Ekonomi Digital.

"Semua materi yang akan menjadi bahan dalam workshop nanti diharapkan, mampu meningkatkan skill dan kapasitas Pandu Desa Digital di 253 Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Subang, sehingga nantinya seluruh desa bisa mandiri dan berdaulat," tegasnya.

Sementara di tempat terpisah, Kepala Desa Cirangkong Asep Sutia menyambut positif, dengan rencana Workshop Nasional Desa Digital itu.

Sebagai tuan rumah kata Asep, dirinya siap mensukseskan workshop tersebut, karena kegiatan itu sangat penting bagi perkembangan desa kedepan dengan desa digital tersebut.

"Kami sebagai tuan rumah akan menyiapkan sebaik mungkin, agar para peserta bisa belajar dengan nyaman dan fokus," singkat Asep.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00