• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Markas KNPB OPM Timika Dibongkar, Mengejutkan Apa yang Diamankan

14 October
17:17 2019
3 Votes (4.7)

KBRN, Jakarta : Polres Mimika bersinergi dengan Polda Papua dan TNI membongkar markas utama Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Jalan Sosial, Timika, Papua, 31 Desember 2018 silam. 

Kali ini, giliran bangunan berukuran 8x8 meter di Jalan Cendrawasih-SP3, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika (tepat di belakang Benglap TNI-AD Timika) diduga sebagai markas KNPB yang menjadi sarang aktivitas organisasi terlarang. 

Polisi mengamankan sejumlah atribut noken, gelang, ikat kepala bercorak bintang kejora, seragam tentara Organisasi Papua Merdeka (OPM), dua bilah parang, 115 anak panah beserta 22 busur, sebuah kapak, dua buah senapan angin, dua topi loreng berlogo bintang kejora (bintang warna merah) dan sepasang sepatu PDL dari lokasi pada Senin (14/10/2019).

Selain itu, petugas juga menangkap 3 (tiga) pria mencurigakan di lokasi pembongkaran. Mereka sudah dibawa ke Mapolres Mimika untuk dimintai keterangan. Disinyalir, mereka adalah mata-mata Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) OPM yang memantau pembongkaran, kemudian informasinya diteruskan ke dalam hutan.

Razia berjalan aman dan kondusif tanpa ada perlawanan. Petugas juga memang sudah berhati-hati sejak awal melakukan pembongkaran, karena lokasi bangunan berada tepat di belakang sebuah sekolah. Operasi dilakukan cukup senyap agar tidak menimbulkan kegaduhan. 

Operasi pembongkaran tersebut merupakan bagian dari apel komitmen TNI-Polri untuk memulihkan keamanan di Papua pasca kerusuhan berdarah 23 September 2019 lalu. Seperti diketahui sebelumnya, Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Herman Asaribab didampingi Bupati Jayawijaya John Richard Banua, bersama Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, memimpin Upacara Apel Gabungan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (14/10/2019). 

TNI dan Polri bersinergi untuk meningkatkan pengamanan di Wamena. Prajurit TNI dan Korps Brimob Polri nampak mengikuti Apel Gabungan dengan senjata lengkap. (Foto: Sevianto SP & Ant)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00