• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Ini Catatan Untuk Jokowi Pada Periode Kedua

18 October
14:26 2019
2 Votes (3)

KBRN, Jakarta : Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Johan Budi memberikan sejumlah catatan kepada Presiden Joko Widodo selama memimpin Indonesia di periode pertama.

Mantan Juru Bicara Istana Kepresidenan tersebut menyampaikannya melalui Dialog Bersama Wakil Rakyat Pro 3 RRI pada Jumat (18/10/2019).

Salah satu yang menjadi catatan dari Johan berkaitan dengan masih adanya sejumlah kelompok yang ingin menganti ideologi pancasila menjadi ideologi yang lain. Untuk itu, ia meminta agar Presiden Jokowi dapat mengatasi hal tersebut.

"Ini kedepan menjadi PR yang penting juga buat Presiden Jokowi dalam kaitan dengan menjalankan tugas di kepemimpinan periode yang kedua. Unsur-unsur atau pihak-pihak yang ingin mengganti ideologi pancasila itu kemarin terlihat betul ketika pilpres dan menjelang pilpres secara demonstratif dia menunjukkan jati dirinya dengan terang-terangan," jelasnya.

Kedua, lanjut Johan, Presiden Jokowi harus mengutamakan pemberantasan korupsi. Presiden Jokowi diharapkan dapat memilih pemimpin yang berintegritas pada periode kedua ini.

"Presiden Jokowi harus memilih orang-orang atau pembantu dia tidak sebatas Menteri saja tapi juga jabatan lain yang kemudian harus juga mengukur atau menilai salah satunya adalah berdasarkan integritas. Karena kita lihat di periode pertama ada beberapa pejabat pemerintah setingkat menteri, maupun dibawah menteri terkena kasus korupsi," katanya.

Selain itu, Johan Budi juga mengatakan bahwa Jokowi harus menciptakan iklim perindustrisasian. Soal ekonomi, katanya, harus meningkat pada periode kedua ini.

"Ekonomi tidak hanya berkaitan dengan BUMN tetapi juga dengan swasta. Kalau enggak salah peringkat kemudahan perindustrisasi di Indonesia itu turun ya dibanding tahun sebelumnya," ucapnya.

"Ini menunjukkan yang dilakukan Presiden Jokowi ditahun pertama ketika itu cukup bagus, yang menjelang akhir pemerintahan beliau di periode pertama kok malah turun, ada apa? Ini harus menjadi konsen pemerintah Jokowi yang kedua," sambungnya.

Keempat yang jadi catatan Johan Budi ialah mengenai pembangunan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Pada periode kedua ini, Jokowi harus meningkatkan mutu pendidikan dengan peningkatan kapasitas SDM.

"Ini menjadi penting untuk menyongsong bonus demografi yang akan diterima oleh Indonesia. Itu beberapa catatan yang saya amati secara subjektif ketika saya di istana," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00