• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Rakyat dan Pedagang Kecil Ekspresikan Antusiasme Pelantikan Jokowi

19 October
16:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Dalam silaturahmi perpisahan Kabinet Kerja bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tertangkap momen bagaimana hangat dan karibnya hubungan Jokowi dan Jusuf Kalla saat keduanya berpelukan erat di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10/2019). 

Bahkan para menteri juga nampak begitu sentimentil ketika sudah di penghujung acara, dan mengetahui itulah akhir kerja sama mereka dalam satu kerangka kerja besar membangun bangsa dan negara melalui Kabinet Kerja Jilid I periode 2014-2019.

Khusus untuk Sang Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo, ternyata banyak rakyat di berbagai daerah menunjukkan antusiasme dan harapan positif akan kepemimpinan Jokowi di masa pemerintahan periode keduanya nanti.

Sejumlah siswa menunjukkan surat untuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin di SMP Muhammadiyah Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (19/10/2019). 

Mereka menulis harapan masing-masing untuk dikirim kepada presiden dan wakil presiden terpilih serta memberikan doa kelancaran untuk pelantikan pasangan pimpinan nasional itu pada Minggu, 20 Oktober 2019 nanti. Usai acara menulis surat, para siswa bergantian menempelkan bunga mawar di samping foto Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai tanda dukungan, harapan dan tempat menggantungkan impian serta cita-cita.

BACA JUGA: Jelang Pelantikan Presiden-Wapres, Indonesia Tetap Melaju Kencang

Sementara itu, Hariyono (46) seorang pedagang poster dan bingkai foto pinggir jalan di Jombang, Jawa Timur, mempersiapkan sekaligus merapihkan dagangannya yakni foto Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang nantinya akan dijajakan kepada masyarakat beserta instansi atau lembaga serta kantor-kantor di wilayah Jombang, Sabtu (19/10/2019).

Menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden, baik Hariyono maupun rekan-rekan sesama pedagang poster lainnya menjual foto Jokowi-Ma'ruf Amin yang dibingkai dengan berbagai versi dengan harga Rp50 ribu per pasang. 

Harapan Hariyono dan sesama pedagang poster sebenarnya simple saja, mereka ingin pelantikan dan sesudahnya dalam keadaan aman, sehingga para pedagang seperti mereka bisa mendapatkan pemasukan untuk menghidupi keluarga masing-masing. Presiden baru, dapur tetap 'ngebul', bukankah seperti itu?

Melompat jauh dari Jombang ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, para pedagang poster di sana juga menggeliat. Mereka mulai mempersiapkan dengan merapikan dagangan berupa poster Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin untuk dijual kepada masyarakat di kawasan Pasar Sudimampir, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (19/10/2019).

Jika pedagang di Jombang membanderol harga foto Presiden-Wapres berikut bingkai seharga Rp50 ribu per pasang, untuk pedagang Pasar Sudimampir hanya menyematkan harga Rp30 ribu saja setiap pasang. Namun mereka juga menjual eceran poster seharga Rp5.000 tanpa pigura.

Pada bagian daerah lainnya, dari Solo, kampung halaman presiden terpilih Joko Widodo, warga mengekspresikan antusiasme terhadap pasangan pemimpin nasional baru dengan melukis mural bergambar Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Kampung Gremet, Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (18/10/2019). 

Mural tersebut bentuk suka cita warga menyambut dilantiknya Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019 nanti.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00