• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

Pengamanan Pilkada Solo 2020 Adopsi Sistem di Pemilu

6 November
14:51 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Ratusan personel gabungan TNI/Polri, Linmas, Satpol PP Petugas Dishub dan Satgas Ormas mengikuti Apel Operasi Mantap Brata Candi di Stadion Manahan Solo, Rabu (6/11/2019). Apel pasukan dan kendaraan sarana-prasarana pengamanan pemilu 2019 dipimpin langsung Kapolres AKBP Andy Rifai. 

Operasi Mantap Brata Candi dalam pengamanan tahapan pemilu di Solo berlangsung 226 hari. Seusai memimin Apel Kapolres AKBP Andy Rifai mengatakan, selama tahapan awal pendaftaran sampai selesai pelantikan Presiden secara keseluruhan di Wilayah Surakarta aman terkendali. "Tidak ada gangguan yang berarti yang dapat mempengaruhi proses pemilu," ujarnya.

Menurutnya, ada sejumlah evaluasi dan kekurangan kemudian diintervensi untuk kegiatan pengamanan pilkada 2020. Kapolres menjelaskan,
dalam pemilu 2019 jumlah TPS diperbanyak untuk mengurangi antrean dan konflik. Sehingga ada TPS yang tidak bisa dipantau secara maksimal, karena satu anggota Polri harus mengamankan sekian banyak masyarakat.  

Dari hasil evaluasi pengamanan pemilu ini akan digunakan untuk memperbaiki penagamana pemilu yang berlangsung September 2020. "Bagaimana kedepanya bisa aman lagi. Evaluasi nanti akan digunakan untuk perbaikan pilkada 2020 nanti," tandasnya.

Sementara itu disinggung terkait Pola pengamanan Pilkada mendatang, Kapolres Andy Rifai menandaskan, kemungkinan jumlah TPS akan dikurangi. Sehingga dengan rasio jumlah anggota yang dilibatkan akan lebih maksimal untuk pemantauan TPS. 

"Jumlah pengaman TPS tergantung tingkat kerawanan tempat pemungutan suara itu sendiri. Kalau pada pemilu 2019 TPS yang drawan ada 20 tempat," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00