• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

KPU dan Polres Kubar Teken Kerja Sama Pengamanan Pilkada 2020

7 November
20:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar : Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kepolisian Resor Kutai Barat (Kubar) menandatangani kerjasama pengamanan pilkada 2020 di Hotel Sidodai Kecamatan Barong Tongkok, Kamis (7/11/2019).

Dihadiri langsung ketua KPU Arkadius Hanye dan kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan. Acara yang digelar bersamaan dengan sosialisasi tahapan Pilkada ini juga dihadiri jajaran TNI Kodim 0912 Kubar, Badan Pengawas Pemilu, pemkab Kubar dan perwakilan partai politik.

Ketua KPU Kubar Arkadius Hanye mengatakan MoU kedua belah pihak dibuat untuk mengatur tugas dan tanggung jawab masing-masing demi mengamankan pesta demokrasi agar berjalan aman, lancar dan damai.

“Kita ingin mematikan kerja sama kita dengan Polres bahwa untuk pengamanan tahapan pilkada mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi itu bisa berjalan, mana yang rambu-rambu yang kita harus sepakatai. Jadi MoU ini untuk mengikat kita semua dan pedoman kita baik itu Polres maupun KPU, mana yang jadi kewajiban kita bersama, mana yang jadi ranah masing-masing”, jelas Arkadius Hanye.

Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan mengaku sudah menjadi tanggung jawab kepolisian dan TNI dalam menjaga situasi yang aman jelang pilkada hingga terpilihnya kepala daerah yang baru. Kepolisian kata dia  siap bersinergi dengan KPU, Bawaslu bahkan dengan peserta pemilu untuk memastikan seluruh gangguan kamtibmas bisa diatasi. Sehingga pihaknya tidak terpaku dengan MoU tapi tetap bergerak jika diperlukan.

“Terkait MoU itu kita pedomai bersama. Kalau ada yang belum pas dalam perjalanan bisa kita koordinasikan. Kita semua fleksibel demi keamanan. Misalnya belum dicantumkan dalam pasal tetapi harus dilaksanakan demi pengamanan, adendum tidak asalah tinggal koordinasi saja”, ujar Kapolres yang bakal mengakhiri masa tugasnya di Kubar dan akan berpindah ke Polda Bali tersebut.

Kapolres maupun ketua KPU Kubar meminta dukungan dan peran serta semua pihak termasuk peserta pemilu dan calon bupati-wakil bupati untuk berperan aktif menyukseskan pemilukada di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00