• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Berebut Kursi Cawagub DKI, PKS Minta Gerindra Komitmen

8 November
17:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Politisi Senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera meminta agar Partai Gerindra tidak menciderai kesepakatan awal terkait calon wakil gubernur DKI Jakarta. Berdasarkan kesepakatan PKS dan Gerindra, kedua parpol sudah mengajukan dua nama kader PKS, yakni Agung Yulianto dan Akhmad Syaikhu, kepada DPRD DKI.

Mardani Ali Sera kepada Radio Republik Indonesia mengaku cukup menyayangkan keputusan Gerindra yang kini mengajukan empat nama alternatif sebagai cawagub pengganti Sandiaga Uno. Terlebih Gerindra tidak pernah melakukan komunikasi dengan PKS, baik di jajaran Dewan Pimpinan Daerah (DPD) maupun DPP (Dewan Pimpinan Partai), terkait pengajuan empat nama tersebut.

“Tiba-tiba ada pengajuan empat nama itu dari Gerindra Kita ngga masalah tetapi secara etika ya sebaiknya Gerindra bincang dulu bersama PKS sehingga jangan sampai terkesan Kita berebut jabatan”, kata Mardani Jumat (8/11/2019).

Menurut Anggota Komisi II DPR RI itu proses penggantian cawagub kali ini berbeda dengan masa Gubernur Basuki Tjahja Purnama dimana sesuai UU 10/ 2016 tentang Pilkada pengusulan harus berdasarkan keputusan rapat pimpinan gabungan yang sampai saat ini belum pernah dilakukan.// PKS meminta sebaiknya pengusulan nama melibatkan dua partai pengusung serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Wagub itu jatahnya PKS dan seharusnya pengusulan nama itu harus bersama-sama antara PKS, Gerindra sebagai partai pengusung dan Gubernur Anis Baswedan karena wagub akan bekerja bersama Gubernur”, ungkapnya.

Warga DKI Jakarta sudah 15 bulan terakhir tidak memiliki sosok Wakil Gubenur pasca ditinggal Sandiaga Uno maju dalam Pilpres 2019. Kondisi ini diakui cukup menganggu kinerja Pemprov DKI karena Gubernur menjalankan Pemerintahan tanpa bantuan wagub.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00