• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Polemik Pikades, Malam Ini Ratusan Warga Matanair Datangi DPMD

8 November
23:03 2019
2 Votes (1)

KBRN, Sumenep : Ratusan masyarakat dari Desa Matanair, Kecamatan Rubaru malam ini, Jumat (8/11/2019) mendatangi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep.

Mereka menuntut agar kelebihan surat suara dalam proses pengitungan suara hasil Pilkades  7 November 2019 diusut, karena diduga ada unsur kesengajaan.

Massa yang terus menyuarakan tuntutan akhirnya disepakati ada sejumlah perwakilan untuk masuk ke dalam kantor DPMD untuk melakukan dialog.

Salah seorang massa aksi Iqbal menyatakan, sesuai temuan dilapangan terdapat sekitar 27 surat suara yang melebihi jumlah daftar hadir.

"Kita menuntut untuk mengusut tuntas kelebihan surat suara itu. Kita mau tahu surat suara itu dari mana. Saksinya banyak bukan cuma saya yang tahu lebihnya surat suara itu," kata Iqbal, Jumat (8/11/2019) malam.

Selain menuntut dilakukannya pengusutan secara tuntas pihaknya akan menolak hasil Pilkades jika prosesnya tetap dilanjut.

"Kita menolak apapun keputusan papun dari hasil forum ini," tegasnya.

Sementara Kepala DPMD Sumeneo Muhammad Ramli menjelaskan, polemik Pilkades Matanair karena adanya kesalahpahaman antara saksi salah seorang calon dan penitia. Karena secara teknis semua kegiatan di area TPS berdasarkan kesepakatan bersama.

"Jika ada hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan masing-masing itu wajar. Jika ada salah satu pihak tidak puas maka silahkan melalui jalur yang telah ada yaitu proses hukum," jelas Muhammad Ramli.

Mengenai adanya surat suara lebih, pihaknya menyebutkan ada tiga kemungkinan sebab surat suara diharuskan dalam keadaan tertutup (segel). Diantaranya jumlah surat suara dengan undangan (pemilik hak suara) sama, surat suara kurang atau lebih.

"Terhadap kemungkinan kurang atau lebih ada amanat hidung lagi. Kalau masih ada selisih silahkan panitia bersepakat, kalau lebih apa di sobek atau dibakar. Perbup tapi tidak mengatur isi kesepakatannya. Infornya sudah ada kesepakatan," imbuhnya.

Imbas dari polemik yang terjadi, proses pengitungan surat suara hasil Pilkades Matanair dilakukan di kantor DPMD Sumenep dan masih berlangsung hingga malam ini.

Proses penghitungan tetap dilakukan oleh panitia pelaksana Pilkades setempat dengan pengawalan ketat aparat keamanan mengindari adanya hal tidak diinginkan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00