• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Riau Juara Umum, Aceh Tuan Rumah Porwil XI Sumatera tahun 2023

9 November
22:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah secara resmi menutup pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera, yang telah berlangsung di Bengkulu dari tanggal 3 sampai 9 November 2019.

Prosesi penutupan event olahraga 4 tahunan yang diikuti 10 Provinsi di Pulau Sumatera ini, selain disaksikan tamu dan undangan, juga masyarakat umum, dengan ditandai pemukulan dol dan pemadaman api obor Porwil X Sumatera, pada Sabtu, (9/11/2019) malam bertempat di plataran halaman Gedung Balai Raya Semarak Bengkulu.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam sambutannya menyatakan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah terlibat, sehingga pelaksanaan Porwil X ini bisa berjalan dengan sukses dan meriah, kendati ada kekurangan atas nama Pemerintah Provinsi menyampaikan permohonan maaf.

Kemudian ucapan selamat kepada para atlit dari 10 Provinsi yang sudah berprestasi dan kedepan agar terus ditingkatkan lagi.

“Khusus Bengkulu, dalam Porwil ini Alhamdulillah juga telah mampu menunjukan prestasi terbaiknya dengan menempati urutan ketiga se Sumatera. Untuk itu, Bengkulu akan akan membenahi sarana dan prasarana olahraga yang ada, sehingga event olahraga berskala nasional dan tidak menutup kemungkinan internasional bisa diselenggarakan di Bengkulu pada masa mendatang, seperti pembangunan stadion berskala internasional,” kata Gubernur Rohidin.

Sementara itu, Ketua Panitia Besar Porwil X Sumatera Bengkulu yang juga Danrem 041 Gamas Kolonel Infantri Dwi Wahyudi dalam laporannya, menyampaikan rasa syukur atas suksesnya pelaksanaan Porwil X Sumatera di Bengkulu, meski sedikit ada masalah, namun dapat diselesaikan secara musyawarah dan mufakat.

“Dilaporkan ada satu kelas dalam cabor atletik terutama kelas lompat tinggi galah tidak bisa terlaksana, karena tidak memenuhi kuota pesertanya,” terangnya.

Adapun untuk 5 urutan tertinggi provinsi peraih medali, pertama Riau sebanyak 35 emas, 23 perak dan 37 perunggu, lalu Sumatera Utara sebanyak 25 emas, 16 perak dan 26 perunggu.

Kemudian Bengkulu sebanyak 25 emas, 13 perak dan 18 perunggu. Selanjutnya Sumatera Barat sebanyak 23 emas, 30 perak dan 30 perunggu, dan setelah itu Bangka Belitung sebanyak 14 emas, 25 perak dan 24 perunggu.

“Untuk juara umum Porwil X Sumatera diraih kontingen dari provinsi Riau. Sedangkan untuk pelaksanaan Porwil XI di Provinsi Aceh pada tahun 2023 mendatang,” tukas Dwi. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00