• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Rayakan Hari Nasional, Polandia Targetkan Perkuat Hubungan Bilateral dengan Indonesia

11 November
23:20 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Senin (11/11/2019) malam, kedutaan besar Polandia untuk Indonesia, menggelar perayaan Hari Nasional ke - 101, di salah satu hotel di bilangan Jakarta Selatan.

Tampak ratusan tetamu undangan yang merupakan para duta besar negara sahabat, pebisnis Indonesia, pebisnis dan warga Polandia, hadir dalam even yang turut dihadiri oleh menteri perdagangan RI, Agus Suparmanto itu.

Dihadapan para undangan, Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczynska, mengatakan, dalam momentum perayaan Hari Nasional tersebut, dirinya optimis penguatan kerjasama hubungan bilateral dengan Indonesia di berbagai bidang dapat terwujud.

"Saya memiliki keyakinan untuk memperkuat hubungan kerjasama dengan Indonesia. Dimana sebelumnya menteri luar negeri dari kedua negara telah saling kunjung. Itu merupakan suatu bentuk hal positif untuk semakin mempererat hubungan kedua negara. Indonesia dan Polandia juga sama-sama aktif di Dewan Keamanan dan HAM PBB," ujar Beata ketika memberikan sambutannya, Senin (11/11/2019), di Jakarta.

Lebih lanjut Beata menambahkan, Polandia memiliki ketertarikan untuk bekerjasama dengan Indonesia tidak hanya disektor perdagangan.

"Nilai perdagangan kedua negara menunjukkan peningkatan. Polandia sangat tertarik bekerjasama dibidang energi, pertambangan, maritim, pertanian hingga kosmetik," imbuhnya.

Meski demikian menurut Beata, pengusaha Polandia juga memiliki ketertarikan untuk mengekspor sejumlah komoditi ke Indonesia.

"Kami ingin sekali mengekspor produk makanan. Perusahaan Polandia tentunya menawarkan berbagai hal baik untuk Indonesia. Termasuk, kami juga tertarik untuk membantu dalam pemberian pelatihan (vokasi) kepada para pekerja Indonesia," terang Beata.

Disisi lain, Beata juga menyampaikan keyakinannya terhadap kepemimpinan presiden Joko Widodo yang akan mendorong terwujudnya peningkatan kerjasama diberbagai bidang.

"Saya yakin peningkatan kerjasama diberbagai sektor yang saya sampaikan tadi akan berjalan lancar di bawah kepemimpinan presiden Joko Widodo. Dengan adanya kerjasama antar perguruan tinggi, hingga antar pemerintah daerah," paparnya.

Sementara, menteri perdagangan RI, Agus Suparmanto menyatakan dengan adanya komitmen kuat maka kerjasama kedua negara yang lebih besar akan tercapai, khususnya disektor perdagangan. 


"Saya yakin dengan kerjasama yang kuat akan mendorong peningkatan kerjasama perdagangan. Terutama antar pebisnis, antar Kamar Dagang dan Industri hingga antar masyarakat terutama disektor pariwisata," harap Agus Suparmanto. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00