• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Ikaboga Luncurkan Buku 40 Resep Sop & Soto Nusantara

12 November
17:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Ikatan Ahli Boga Indonesia (Ikaboga) berkomitmen untuk melestarikan budaya kuliner Nusantara melalui pembangunan SDM yang berkualitas di bidang jasa boga. Salah satu upaya  mengimplementasikan hal tersebut adalah melalui buku.

Untuk itulah, Ikaboga meluncurkan buku bertajuk "40 Resep Sop dan Soto Nusantara" yang berisi resep-resep sop dan soto yang dihimpun dari beberapa perwakilan Lembaga Khusus dan Pelatihan (LKP) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ikaboga di Nusantara. Adapun pengumpulan resep-resep tersebut dihimpun dari keikutsertaan 20 dari 28 DPD se-Indonesia dalam Festival Lomba Sop dan Soto Nusantara yang diselenggarakan di Depok pada 31 Juli 2018.

"Peserta kursus dan didik itu yang memiliki Ikaboga, karena memang salah satu tujuan kami, giat kami, memang mengadakan pelatihan-pelatihan. Jadi beberapa LKP mengirimkan peserta didiknya untuk mengikuti kursus ini. Ada dari Aceh, Jawa Barat, Medan, dan sebagainya semuanya ikut. Akhirnya terkumpulah 40 macam resep itu", ujar Sekjen DPP Ikaboga, Neni, ditemui disela kegiatan Rakernas Ikaboga 2019 di Hotel Lumire Jakarta, Selasa (12/11/19).

Lebih lanjut Neni mengatakan , resep-resep yang terdapat dalam buku berasal dari 20 perwakilan LKP yang masing-masingnya membuat resep 1 sop dan 1 soto. Sehingga terkumpulah 40 resep sop dan soto nusantara.

Neni berharap ke depan buku ini dapat diperjualbelikan di masyarakat. Namun, saat ini belum dapat dilakukan lantaran belum adanya kerjasama dengan penerbit. 

"Ke depan inginnya diperjualbelikan, jadi kami harus bekerja sama dengan penerbit. Untuk sementara cetakan pertama ini internal dulu untuk Anggota Ikaboga terutama yang ikut Rakernas. Jadi setiap peserta yang datang mendapat hasil dari pengiriman LKP lomba kemarin. Mudah-mudahan bisa bermanfaat, ya", kata Neni.

Buku resep nusantara rencananya akan dibuat setiap tahunnya. Tahun-tahun sebelumnya sudah diterbitkan beberapa buku seperti resep jajanan nusantara. Tahun ini rencanya akan dibuat resep lauk pauk nusantara untuk semakin melestarikan budaya kuliner Nusantara.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00