• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Bendungan Surut, Perum Jasa Tirta I Siapkan Hujan Buatan untuk Malang Raya

15 November
15:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Meski telah memasuki awal musim penghujan, namun tidak semua wilayah Malang Raya mengalami turun hujan. Untuk itu, Perum Jasa Tirta I berupaya melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) sebagai salah satu alternatif untuk memancing musim hujan datang lebih awal. 

“Sebab, hujan turun dibeberapa kawasan saja. Untuk itu, hujan buatan dilakukan agar musim hujan menyebar di seluruh wilayah Malang Raya. Apalagi, kawasan Malang Raya sebagian besar area pertanian. Jadi dibuat hujannya jatuh membasahi tanah, tidak hanya sekedar hujan,” ujar Direktur Utama Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant Ruritan, Jumat (15/11/2019).

TMC tersebut dilakukan PJT bersama Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh Malang. Hujan buatan itu dilakukan sejak 13 November 2019 hingga 20 hari ke depan. “Hujan buatan dilakukan karena debit air di Bendungan Sutami mengalami penurunan. Untuk itu, hujan buatan akan difokuskan untuk wilayah Malang Raya, sampai debit air di Bendungan Sutami kembali normal. Bila ada awan dan ada potensi di semai ya kita semai," paparnya.

Raymond menambahkan, penyemaian untuk proses hujan buatan akan menggunakan bahan kapur tohor di pagi hari untuk menipiskan asap dan kabut. Kapur tohor berfungsi untuk dapat mengurangi asap dan kabut. Sehinga memungkinkan untuk munculnya potensi awan. Setelah itu penyemaian garam dilakukan pada siang hari. “Kami berharap teknologi modifikasi cuaca ini bisa berjalan efektif di Malang Raya untuk memastikan air bisa turun dan masuk ke bendungan,” tandas Raymond. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00