• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Jakarta Open Chess 2019, Novendra Bermain Imbang Jumpa Anh Dung

16 November
21:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pecatur masa depan Indonesia MI Novendra Priasmoro mengakhiri laga imbang 3-3 angka kemenangan jumpa GM Nguyen Anh Dung (Vietnam)  pada partai Dwi Tarung Jakarta Open FIDE Rate Chess Tournament 2019 yang berakhir Sabtu sore (16/11/2019).

Novendra (2495) akhirnya menyelesaikan dwi tarung imbang,  usai bermain remis dengan Anh Dung (2471) di partai akhir babak 6.  Bermain draw 3-3 angka kemenangan dengan Anh Dung pastikan pecatur asal DKI Jakarta itu melepas target untuk norma Grand Master terakhirnya yang hanya membutuhkan 5 point lagi.

Usai tampil Novendra mengakui, dirinya meminta maaf atas hasil yang dicapainya saat jumpa Anh Dung pada Dwi Tarung Jakarta Open ini dan diakuinya lawannya sulit ditundukkan karena memiliki jam terbang tinggi. "Sebenarnya jam terbang bukan alasan, dirinya hanya sempat bermain bagus didua babak awal, namun pada babak berikutnya sulit mengatasi Anh Dung, "ungkap Novendra.

Sudah pasti pelajaran banyak didapat pada duel meet ini, dirinya akan terus memperbaiki penampilan utamanya saat memperkuat Tim Nasional Catur SEA Games Indonesia termasuk pada ivent internasional berikutnya, janji Novendra.

Sedangkan Ketua Umum Pengprov Percasi DKI Jakarta Ricardo SE Sangat menyayangkan hasil yang dicapai Novendra ini dan itu diluar prediksi. "Novendra saat ini menjadi salah satu pecatur muda yang diproyeksikan raihan gelar GM dan turnamen ini digelar untuk memenuhi harapan itu, tapi apa boleh buat target tidak tercapai, "tambah Ricardo.

Disisi lain Ricardo juga menambahkan, meski Novendra belum bisa membuat sejarah meraih point norma GM terakhirnya, turnamen hasil koloborasi antara Percasi DKI Jakarta dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, Dispora DKI Jakarta  ini berjalan sukses dan menjadi ivent menjajikan jika kontinyu digelar.

Senada dengan Ricardo, Kabid Binpres PB. Percasi Kristianus Liem mengakui, sangat terlihat Novendra banyak kehilangan fokus saat jumpa Anh Dung dan hasil imbang ini dinilai menjadi keberuntungan."Tidak fokus membuat mental bentanding Novendra tidak terlihat diharapkan dia tidak mengulangi itu lagi, karena dwi tarung ini sebenarnya momentum bsgus untuk bisa mewujudkan gelar GM, "tegas Kris.

Selain partai Dwi Tarung, Jakarta Open FIDE Rate Chess Tournament 2019 juga menyelesaikan nomor katagori Open diikuti sekitar 240 pecatur dari 26 Provinsi di Indonesia.

Menuntaskan 9 babak catur klasik tampil sebagai juara pecatur Jateng  Nuh Hakim mengumpulkan 7,5 angka kemenangan unggul solkof atas tiga pecatur dibawahnya Sahat Manutur Saing (DLH DKI Jakarta), MF Ivan Maxmilian (Jabar) dan Dziththauly Ramadhan (Jatim).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00