• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Bamsoet Desak Aparat Usut Tuntas Kasus Desa Fiktif

16 November
21:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak semua pihak terkait untuk mengusut tuntas kasus desa fiktif. Sebab menurut dia polemik desa fiktif bisa mengganggu program Dana Desa. 

Padahal kata politisi Partai Golkar ini, pada dasarnya, sebagian besar dari program bagi-bagi duit telah menyentuh kepentingan masyarakat paling bawah. 

"Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Kementerian Keuangan, BPK, serta aparat penegak hukum harus turun tangan secara langsung untuk menyelidiki secara tuntas kasus desa fiktif," katanya kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (16/11/1/2019).

Jika memang aparat menemukan adanya bukti yang cukup, maka ditegaskannya semua yang terlibat harus dihukum dengan tegas.

"Sanksi tegas harus diberikan kepada semua pihak yang terlibat," tukasnya.

Perlu diketahui, beberapa waktu lalu, Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menemukan adanya desa fiktif di wilayah hukumnya. Terkait itu, dugaan tindak pidana korupsi atas pembentukan desa yang tidak sesuai prosedur sah bisa berakibat pada kerugian keuangan negara atau daerah atas Dana Desa (DD) serta Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikelola beberapa desa di Kabupaten Konawe Tahun Anggaran 2016 sampai dengan Tahun Anggaran 2018 pun ikut muncul.

Sejauh ini Polda Sultra telah menemukan adanya indikasi puluhan desa fiktif di Kabupaten Konawe. Untuk menyelesaikan kasus tersebut, Polda Sultra telah berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto : Ist)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00