• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

LIPI : Di Perbatasan, Warga dan Aparat Indonesia - Malaysia Berhubungan Baik

17 November
01:02 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Kepala Pusat Penelitian Kewilayahan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ganewati Wuryandari memastikan, masyarakat Indonesia dan Malaysia yang tinggal di perbatasan kedua negara tetap hidup rukun dan damai.

Menurut dia, perspektif negatif tentang negara Malaysia selama ini sesungguhnya tak nampak di wilayah perbatasan. Para petugas kedua negara yang berjaga di wilayah perbatasan pun selalu bahu membahu dalam menjaga keamanan wilayah. 

"Di setiap pos-pos pengamanan perbatasan itu kan ada Satgas Tangkas baik di Indonesia atau Malaysia tetapi mereka membuat inisiasi namanya pos gabungan,“ ungkapnya dalam diskusi bertajuk “Apa Kabar Sengketa Perbatasan Indonesia-Malaysia” di Jakarta Pusat, Sabtu (16/11/2019).

Bahkan, lanjut dia, hubungan antar masyarakat yang tinggal di perbatasan kedua negara pun terjalin dengan baik. Hal itu terjadi karena adanya kesamaan asal-usul, serta budaya.

"Jadi, Malaysia selalu dijadikan sebagai sesuatu yang curang, persepsi yang terbentuk di sini itu seperti itu. Tapi kalau kita sendiri ke lapangan masalah-masalahnya itu sebetulnya tidak ada," ujarnya. (Foto : Ist)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00