• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Kampung Kelir Pasuruan Destinasi Wisata dan UKM

17 November
18:28 2019
1 Votes (5)

KBRN, Surabaya : Kota Pasuruan punya destinasi wisata baru. Tidak hanya warna-warni pemukiman warganya hingga disebut kampung kelir, namun 80 Kepala Keluarga (KK) di RW 6 kelurahan Petamanan Pasuruan kini naik kelas dengan menggeluti sektor Usaha Kecil Menengah (UKM).

"Awale sangat berat mas untuk menjadikan warga naik kelas untuk usaha sendiri. Alhamdulillah dimudahkan Allah hingga akhirnya hampir semuanya warga kami menggeluti usaha sendiri," ungkap Subadar ketua RT 2 RW 6 kelurahan Petamanan Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (17/11/2019).

Menurut Subadar bukan hal mudah menjadikan kampungnya seperti sekarang ini. Rumah warga yang dicat warna-warni hingga mayoritas terjun di UKM menjadi komitmen bersama untuk maju.

"Warga jualnya macam-macam, mulai mebel, kue basah,kue kering, frozen food, sembako murah tiap hari, dan lainnya, kedepan kita juga menyediakan tempat untuk foto," terangnya.

Ia menyebut usaha yang digeluti warga murni swadaya dan tidak ada campur tangan pemerintah.

Untuk menuju Kampung UKM, warga juga telah dilatih oleh relawan UKM. kedepan fasilitas dan berbagai program akan diperkuat termasuk terus menjaring warga agar mempunyai usaha sendiri.

"Ini penting sehingga pelaku UKM di setiap sentra dapat dikuatkan dan mempermudah menjalin komunikasi dengan pelaku UKM lain. Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing, akses pasar, dan jaringan berbagai produk UKM," tambah Muslimin salah satu konseptor kampung UKM.

Disamping itu, diharapkan UKM juga mampu untuk memiliki daya saing dalam tingkat global dan turut serta berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00