• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Hobi Bisa Jadi Jaminan Kesehatan Bagi Tubuh

17 November
19:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sebagian dari kita mungkin terjebak dalam rutinitas harian yang begitu menyita waktu. Setiap hari, kita memiliki begitu banyak hal yang perlu diselesaikan, sampai-sampai tak sempat untuk melakukan aktivitas di luar kantor.

Kita mungkin merasa bahwa hal ini wajar dilakukan, mengingat tingginya tuntutan dari atasan atau kantor. Namun, terlalu sibuk bekerja bisa membawa kita kepada burnout atau stres berkepanjangan. Sehingga, kita disarankan untuk mencari pengalihan yang dapat menjadikan kehidupan lebih seimbang dan lebih baik bagi kesehatan mental.

Salah satu cara yang disarankan adalah dengan memiliki dan rutin menjalankan hobi. Apapun bentuknya, hobi dapat membantu kita mengurangi stres, sekaligus membawa kita kepada lingkungan pertemanan baru.

Selengkapnya, berikut beberapa manfaat memiliki hobi bagi kehidupan kita.

1. Memiliki kehidupan di luar kantor

Memiliki hobi dapat menyadarkan bahwa kita memiliki kehidupan di luar kantor. Setelah seharian disibukkan dengan aktivitas kantor, menjalani hobi yang kita sukai dapat memberikan kita rasa bebas dan bahagia. Sebab, saat melakukan aktivitas yang menjadi hobi, kita menghabiskan waktu hanya untuk kepuasan pribadi. Kita juga tak perlu merasa dikejar-kejar target tertentu, karena tak ada standar soal bagaimana kita menjalani hobi tersebut.

2. Melepas stres

Selain itu, memiliki hobi juga bisa membantu kita melepas stres. Berdasarkan laporan Shape.com, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Behavioral Medicine pada 2015 menyebutkan, sebanyak 34 persen dari subyek penelitian merasa lebih tidak stres dan tidak sedih (18 persen) saat melakukan kegiatan rekreasi. Selain itu, penelitian itu juga mencatat bahwa  orang-orang yang melakukan kegiatan rekreasi memiliki detak jantung yang lebih lambat, dikarenakan efek menenangkan yang ditimbulkan oleh aktivitas tersebut. Efek ini disebut dapat bertahan hingga beberapa jam lamanya.

"Jika kita mulai memikirkan efek jangka panjangnya, menjadi masuk akal bahwa bersantai dapat membantu meningkatkan taraf kesehatan setelah beberapa tahun," sebut Matthew Zawadzki, Ph.D, kepala penelitian sekaligus asisten profesor psikologi di University of California, Merced, Amerika Serikat, seperti dikutip NPR, Sabtu (16/11).

3. Menyembuhkan masalah mental

Tidak cuma membantu melepas stres, hobi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental seseorang. Menurut situs Head to Health, berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam Taylor & Francis Online pada 2016, berpartisipasi dalam kegiatan santai berbasis komunitas, seperti kegiatan musik atau kegiatan seni lainnya, dapat membantu menyembuhkan masalah mental. Sebab, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan hubungan sosial yang dimiliki oleh seseorang.
 
4. Membantu bertemu teman baru

Tak semua hobi dilakukan bersama orang lain. Namun, ada juga hobi yang akan membawa kita kepada teman baru yang memiliki minat serupa. Meski awalnya hanya sebatas berbagi hobi, bila bertemu dengan orang-orang yang tepat, pertemanan ini dapat berkembang menjadi pertemanan di kehidupan nyata. Kita pun berkesempatan bertemu orang-orang baru yang tak ragu berbagi cerita dan membantu sama lain.

5. Menjaga kesehatan tubuh

Bila melibatkan olahraga atau kegiatan fisik, bukan tak mungkin bahwa hobi yang dimiliki akan membantu Anda menjadi menjadi lebih sehat. Anda juga akan menjadi lebih terpacu dalam melakukan kegiatan tersebut, sehingga Anda akan lebih merasa bersemangat mengalokasikan waktu untuk menjalani olahraga, sesibuk apapun kegiatan yang dimiliki sehari-hari.

Bagaimana, Ladies? Hobi apa yang Anda miliki?

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00