• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Nikmati Perjalann dengan Bus Mewah untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

3 December
05:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kamu mau mudik Natal dan Tahun Baru, tapi kehabisan tiket kereta api? Berniat naik pesawat tapi harga tiketnya selangit?

Tenang saja, kamu bisa menggunakan alternatif moda transportasi lain, lho, yaitu bus antar kota antar provinsi (AKAP) jarak jauh.

Eits, jangan anggap remeh soal kualitas layanan dari moda transportasi yang satu ini, ya.

Sejak Tol Trans Jawa selesai dibangun, bus-bus malam mulai bangkit lagi dari mati surinya. Bahkan perusahaan otobus (PO) juga semakin bergairah untuk mempercantik armada-armada mereka.

Armada yang awalnya hanya beroperasi di malam hari saja kini punya jadwal keberangkatan yang lebih beragam. 

Kini sudah ada lebih banyak armada yang berangkat pada pagi dan siang hari. 

PO yang awalnya hanya menawarkan kelas ekonomi dan eksekutif, kini juga punya pilihan kelas yang semakin bervariasi, seperti kelas bisnis, super eksekutif, royal eksekutif, eksekutif plus, hingga super top. Banyak, kan?

Fasilitasnya pun sangat mumpuni dan tak kalah dari pelayanan pesawat. Di beberapa armada dengan kelas wahid, kamu bisa mendapatkan kursi untuk rebahan, TV LED seperti di kursi pesawat, toilet di dalam bus hingga makan prasmanan. Jadi perjalanan selama delapan atau bahkan lebih dari 10 jam pun tetap bisa kamu nikmati dengan nyaman.

Untuk mendapatkan semua fasilitas ini, dijamin armada bus enggak akan bikin kantong bolong, karena harga tiketnya sangat terjangkau. Seru banget kan?

Nah, kira-kira PO mana saja yang tepat untuk mudik Natal dan Tahun Baru nanti? Berikut kumparan berikan rekomendasinya. Catat, ya!

1. Pahala Kencana

PO asal Kudus, Jawa Tengah ini telah melayani hingga 86 rute bus yang menjangkau berbagai wilayah di Sumatera, Jawa, Madura, dan Bali. Dalam pelayanannya, Pahala Kencana menghadirkan tiga kelas bus yang dapat dipilih sesuai kebutuhan kamu, yaitu kelas bisnis, VIP, dan eksekutif.

Kelas bisnis menghadirkan layanan dengan tarif terjangkau dan fasilitas memadai, seperti kursi yang nyaman dan ruang kaki yang cukup luas. Sementara itu, bus VIP menawarkan fasilitas toilet untuk mendukung perjalanan jarak jauh, dan pastinya kursi yang nyaman.

Jika ingin bersantai, penumpang bus VIP bisa mengubah pengaturan kursinya dengan mudah. Tidak hanya itu, Pahala Kencana juga menyuguhkan makanan ringan dan makanan berat dengan menu bervariasi, tergantung rute perjalanan bus.

Bagi penumpang yang menginginkan kenyamanan ekstra, Pahala Kencana juga menghadirkan bus eksekutif dengan kursi yang dapat disandarkan (reclining seat). Kursi tersebut juga dilengkapi sandaran tangan, bantal, serta selimut agar penumpang lebih nyaman selama perjalanan jarak jauh.

Fasilitas lain yang juga dapat dinikmati oleh penumpang bus eksekutif adalah TV LED, toilet, makanan ringan, dan makanan prasmanan. Bus eksekutif ini bisa dinikmati di hampir semua rute yang dimiliki Pahala Kencana.

Untuk harga tiketnya, rute Jakarta-Semarang kelas eksekutif dibandrol sebesar Rp 200 ribu. Harga ini masih cukup terjangkau bila dibandingkan tiket kereta kelas eksekutif yang mencapai Rp 475 ribu atau tiket pesawat seharga Rp 680 ribu.

2. Lorena

Perusahaan Otobus (PO) Lorena saat ini telah menjangkau lebih dari 60 kota di Jawa, Bali, dan Sumatera. Untuk memaksimalkan pelayanannya, Lorena menyediakan armada bus dengan pilihan kelas eksekutif, VIP, dan bisnis.

Khusus kelas eksekutif, bus hanya melayani trayek Jawa bagian timur dan Bali. Kelas eksekutif ini memiliki kapasitas 32 kursi dengan format 2-2. Tak perlu takut pegal, sebab di kelas ini kursi bisa disandarkan (reclining seat). Kamu juga bisa menikmati perjalanan dengan nyaman, karena ada fasilitas AC, audio video, toilet, smoking area, bantal, dan selimut.

Sementara itu, untuk kelas VIP bus melayani trayek Sumatera dan Jawa bagian selatan. Kelas ini memiliki kapasitas 40 kursi dengan format 2-2 dan kursi yang dapat disandarkan (reclining seat). Fasilitas lain yang ditawarkan adalah AC, fasilitas hiburan audio video, toilet, smoking area, bantal, dan selimut.

Terakhir, Lorena juga menyediakan layanan bus kelas bisnis berkapasitas 53 kursi dengan format 2-3 dan kursi yang dapat disandarkan (reclining seat). Setiap penumpang juga berhak mendapatkan fasilitas, seperti AC, fasilitas hiburan audio video, dan toilet.

Untuk harga tiketnya, rute Surabaya-Jakarta kelas super eksekutif dijual seharga Rp 340 ribu. Sebagai perbandingan, untuk rute yang sama, tiket kereta kelas eksekutif dijual mulai Rp 700 ribu, sedangkan tiket pesawat mulai dari Rp 865 ribu.

3. DAMRI

Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) merupakan Perusahaan Otobus (PO) yang telah beroperasi lebih dari 70 tahun. Hingga saat ini, perusahaan angkutan pelat merah ini mampu bertahan di tengah gempuran persaingan perusahaan transportasi darat lainnya.

Armada DAMRI tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah mencapai 3 ribu unit. Adapun segmen layanan utamanya mencakup bus angkutan kota, angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), angkutan antarlintas batas negara, angkutan pemandu moda, angkutan pariwisata (charter), dan angkutan logistik.

Untuk bus AKAP, Damri menyediakan ratusan rute di dalam dan luar negeri dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk semakin memanjakan penggunanya, DAMRI menghadirkan beragam kelas, mulai dari kelas ekonomi non-AC, ekonomi AC, bisnis, eksekutif, dan royal.

" untuk liburan natal dan tahun baru ini bus Damri memberikan fasilitas bagi penumpangnya dengan kelas ekonomi non AC, ekonomi AC, bisnis eksekutig dan royal serta untuk harganya masih terjangkau mulai dari 300 ribuan " ujar Roni salah satu sopir bus DAMRI, Senin (2/12/2019).

Sementara untuk harga tiket, contohnya rute Lampung-Yogyakarta kelas bisnis dijual seharga Rp 300 ribu. Sedangkan untuk rute yang sama menggunakan pesawat harga tiketnya sebesar Rp 1,1 juta.

4. Rosalia Indah

Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah merupakan salah satu perusahaan jasa transportasi darat dengan armada bus yang berkantor Pusat di Palur, Jawa Tengah.

Saat ini, Bus Rosalia Indah melayani berbagai jurusan dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Merak, dan sebagian daerah di Lampung dan Sumatera Selatan menuju berbagai daerah di Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. PO asal Palur, Jawa Tengah ini menawarkan banyak pilihan kelas, mulai dari non AC, patas AC, VIP, Executive, Super Executive, Executive Plus SHD, hingga Super Top SHD alias first class-nya bus Rosalia Indah.

Untuk bus first class ini, kamu bisa menikmati seat dengan konfigurasi 1-1 (sleeper bus), full AC, bantal, selimut, layanan makan, pelayanan pramugara/i, personal TV, audio video, toilet, slot USB dan air mineral.

Sebagai contoh, harga tiket rute Solo-Jakarta untuk first class Rosalia Indah dibandrol seharga Rp 265 ribu. Sedangkan untuk rute yang sama menggunakan kereta api, tiketnya dijual seharga Rp 490 ribu untuk kelas eksekutif.

5. Agra Mas

PO Agra Mas melayani sejumlah trayek AKAP ke beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ada beberapa jenis kelas yang bisa kamu pilih, yaitu kelas VIP dan eksekutif. Khusus rute Bogor–Ngadirojo (Wonogiri) serta Parung–Jakarta–Jepara, Agra Mas menggunakan armada bus mewah double decker alias dua lantai.

Baik bus VIP dan eksekutif sama-sama memiliki konfigurasi kursi 2-2 dengan kursi yang dapat disandarkan (reclining seat). Selain itu, setiap pengguna juga bisa menikmati fasilitas TV LCD, toilet, selimut, dan bantal. Bedanya, kelas eksekutif mendapatkan layanan makan prasmanan dan makanan ringan (snack), sedangkan penumpang kelas VIP mendapatkan layanan makan prasmanan saja.

Sementara itu, armada double decker merupakan kelas super eksekutif dan menawarkan berbagai kemewahan di dalam kabinnya. Seluruh penumpang akan mendapatkan kursi yang nyaman dengan konfigurasi 2-2 di lantai atas dan 2-1 di lantai bawah.

Setiap kursi dilengkapi dengan sandaran kaki dan kepala, serta TV LCD. Selain itu, kelas ini juga menawarkan layanan makan prasmanan, ruang khusus merokok (smoking room), toilet, dan mesin dispenser, sehingga penumpang bisa menyeduh minuman hangat selama perjalanan.

PO Agra Mas juga menawarkan harga tiket yang cukup terjangkau. Misalnya rute Jakarta-Wonogiri, harga tiketnya dijual Rp 225 ribu untuk kelas super eksekutif.

Gimana, tertarik liburan Natal dan Tahun Baru menggunakan bus mewah?( Foto: istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00