• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ketua K3S Denpasar Pejuangkan Disabilitas Sebagai Pegawai Kontrak

3 December
06:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar: Hari Disabitas Internasional (HDI) yang diperingati setiap tanggal 3 Desember menjadi hari special bagi penyandang Disabilitas di Denpasar. Berbagai kegiatan Disabilitas di Kota Denpasar digelar. Begitu juga runutan dari program-program pemberdayaan bagi Disabilitas di Kota Denpasar terus dilakukan. Perjuangan bagi hak yang sama bagi Disabilitas juga telah dilakukan Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar. 

“Setiap peringatan HDI di Kota Denpasar digelar bergai kegiatan, disamping itu tentunya perjuangan kesamaan hak bagi mereka Disabilitas terus dilakukan dengan memberikan kesempatan yang sama mengangkat Disabilitas sebagai pegawai kontrak di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar,” ujar Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra, Senin (2/12/2019) saat ramah tamah dengan penyandang Disabilitas di Griya Sebha Sari kediaman Walikota Denpasar, kawasan Renon.

Ketua K3S Ny. Selly Mantra mengharapkan kepada Disabilitas di Kota Denpasar untuk terus meningkatkan kemampuannya dengan ruang kreatifitas yang terus diberikan K3S bersama Pemkot Denpasar. Dijelaskan bahwa dari tahun 2013 hingga 2019 K3S bersama Pemkot Denpasar sudah mempekerjakan penyabdang Disabilitas sesuai dengan kemampuannya sebanyak 14 orang.

Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra tentunya memberikan kesempatan bagi sahabat Disabilitas untuk bekerja sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor : 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Dalam Pasal 35 disebutkan bahwa pemerintah, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah wajib mempekerjakan paling sedikit 2 persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja.

Perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit 1 persen Penyandang Disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja. “ Saat ini terdapat 14 orang Disabilitas yang sudah bekerja di lingkungan Pemkot Denpasar sebagai pegawai kontrak sesuai dengan skil mereka,” ujarnya.

Keahlian Disabilitas yang diterima sebagai pegawai kontrak ini seperti Desain Grafis hingga penyiar radio di Radio Publik Kota Denpasar. Beberapa para Disabilitas ini juga telah mengenyam pendidikan hingga Strata I, sehingga mereka ditempatkan sesuai dengan keahlian mereka. Ny. Selly Mantra juga berharap agar perusahaan swasta turut serta melihat kemampuan Penyandang Disabilitas dan dapat memberikan mereka kesempatan untuk bekerja serta memberikan kesamaan hak.

“Mari kita bersama-sama mengapresiasi kemampuan Penyandang Disabilitas dan memberikan mereka kesempatan yang sama,” ujar Ny. Selly, sembari mengatakan dalam kegiatan HDI nanti dilaksanakan berbagai kegiatan dari tanggal 13-15 Desember mendatang di Lapangan Lumintang.

  • Tentang Penulis

    Ida Ayu Frischa Mahayani

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Afrizal Aziz

    Redaktur Pro 3 RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00