• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Penting Kembangkan Pendidikan Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

3 December
08:33 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sumenep : Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap 3 Desember.

Perserikatan Bangsa – Bangsa atau PBB menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Disabilitas Internasional pada 1992. Peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas, memberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan serta kesejahteraan difabel.

Berbagai keinginan muncul pada Moment  Hari Disabilitas Internasional tahun ini, yang mengusung tema Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul.

Guna mewujudkan tema itu Salah satu Guru Sekolah Luar Bisa (SLB) Saronggi Roro Mardiana Hayatimenginginkan para Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) didaerahnya tidak termajinalkan.

Sebab, sebagai Kota Layak Anak(KLA) dengan predikat Pratama tahun 2019, dirinya juga menginginkan ada sekolah inklusi di Kota Keris mulai dari jenjang Taman Kanak  - Kanak, SD, SMP dan SMK yang bekerjasama dengan SLB serta Guru Pendamping Khusus (GPK).

“Tertuang dalam UUD No 8 tahun 2016 tentang penyandang Disabilitas, yang tahun ini mengusung tema Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul yang menjadi harapan kita bersama, seperti yang kita ketahui Kabupaten Sumenep pada tahun 2019 ini menyandang sebagai Kota Layak Anak. Pertanyaannya, diantara mereka semua apakah ada anak – anak ABK. Sehingga secara pribadi saya berharap dengan menyandang Kota Layak Anak, ada beberapa sekolah inklusi,”Ungkap Roro Mardiana Hayati Guru SLB Saronggi Kabupaten Sumenep Selasa (03/12/2019)

Roro Mardiana Haryatijuga menyayangkan, sejak menjadi guru SLB pada tahun 1993 tidak ada anak didiknya yang mendapatkan pelatihan kerja usai lulus sekolah.

Karena jika tidak dapat mengikuti pelatihan kerja, otomatis mereka akan menjadi beban keluarga seumur hidup.

Sedangkan, dibalik kekurangan mereka ada kelebihan yang diunggulkan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00