• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Komisi III DPR Prihatin atas Dugaan Pembunuhan Hakim di Medan

4 December
00:06 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Anggota Komisi III DPR, Aboebakar Alhabsyi menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya Humas sekaligus hakim Pengadilan Negeri Medan, Jamaludin, yang tewas di kebun sawit milik warga di Dusun II Namo Bintang, Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang.

“Apa yang terjadi sungguh kita sesalkan, dan kita berikan doa yang terbaik buat almarhum,” ujarnya di Gedung DPR, Selasa (3/12/2019).

Aboebakar mengatakan, sebagai salah satu anggota Komisi III DPR yang membidangi persoalan hukum, keamanan dan HAM, dirinya minta persoalan ini mendapatkan atensi khusus dari kapolda Sumut.

“Perkara ini perlu dibongkar sehingga diketahui siapa pelakunya dan apa motifnya, agar terang perihal yang melatarbelakangi terjadinya dugaan pembunuhan tersebut,” terangnya.

Menurut Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan DPR ini, jika memang dugaan pembunuhan yang terjadi berkaitan dengan perkara yang ditangani, maka perlu ada evaluasi tentang pengamanan para hakim.

Sebenarnya, sambung dia, mengenai jaminan keamanan untuk para hakim ini sudah diatur dalam pasal 48 Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman.

“Namun, sepertinya jaminan keamanan seperti ini belum dapat diberikan untuk para hakim. Ke depan, jika memang banyak persoalan keamanan yang dialami para hakim, MA perlu duduk bersama dengan Polri untuk mendiskusikan mengenai pengamanan tersebut,” pungkas Ketua DPP PKS Bidang Dakwah Wilayah Kalimantan ini.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00