• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Mahfud MD Sebut Akan Ada Kejutan Penetapan Dewan Pengawas KPK

10 December
22:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD masih belum banyak bicara terkait pembentukan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia hanya memastikan, para calon anggota Dewan Pengawas KPK akan dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Itu kewenangan presiden. Sesuai Undang-Undang KPK untuk pertama kali Dewan Pengawas diangkat presiden. Itu hak prerogatif. Mungkin periode berikutnya baru pakai Tim Seleksi, tapi saya tidak tahu,” kata Mahfud di Kantor Menko Polhukam, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Hak prerogatif presiden dalam memilih langsung Dewan Pengawas KPK itu diatur di dalam Undang- Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Mahfud mengaku enggan ikut campur dalam hal pemilihan para calon anggota Dewan Pengawas KPK.

“Nanti ada kejutan,” ujar dia.

Meski demikian, berbagai nama calon Dewan Pengawas KPK sudah diketahui Mahfud. Tetapi, dia mengatakan tidak mau membuka nama-nama yang sudah masuk dalam daftar Presiden Jokowi.

“Tunggu saja pengumuman langsung dari Pak Presiden Jokowi,” ucap dia.

Baca juga : Hukum Mati Koruptor, Fahri Hamzah "Tunjuk Hidung" Pembisik Jokowi

Menurut rencana, Dewan Pengawas KPK akan dilantik bersama pimpinan KPK periode 2019-2024, pada Sabtu (21/12/2019). Dewan Pengawas KPK akan diisi lima orang anggota. Mereka akan memiliki wewenang dalam pemberian izin atau tidak memberikan izin penyadapan, penggeledahan, penyitaan, menyusun, dan menetapkan kode etik pimpinan kode etik oleh pimpinan, serta pegawai lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00